PENTINGNYA PENERAPAN INTEGRITAS KEILAHIAN KRISTUS KE DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN

Dyulius Thomas Bilo

Abstract


Pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Kristen sangat membutuhkan ortodoksi iman Kristen seperti kepercayaan pada keilahian Kristus sebagai fondasi dan perangkat dalam menyusun rumusan teologi Kristen yang Alkitabiah. Pendidikan Agama Kristen haruslah berpusatkan pada Kristus, pengajaran tentang keilahian-Nya haruslah menjadi orientasi dalam pengembangan kurikulum. Itulah sebabnya, sangat dibutuhkan kesadaran guru-guru PAK untuk mengimplementasikan dalam setiap pengajaran yang dilakukan. Tujuannya siswa mampu memahami dan bertumbuh dalam Kristus menjadi dewasa dalam kerohanian dan tidak diombangkan ambingkan oleh lingkungan yang berdampak negatif terhadap imannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, yaitu menganalisis setiap fenomena yang ditemukan di lingkungan masyarakat dan mendeskripsikannya. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa betapa pentingnya pengajaran keilahian Kristus dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Kristen.

Full Text:

PDF

References


Adolf von Harnack, What is Christianity?. New York: Herper and Brothers, 1957.

Andreas Harefa, Manusia Pembelajar. Jakarta: Tim Penerbit buku Kompas, 2000.

BS. Sidjabat, Membangun Pribadi Unggul: Suatu Pendekatan Teologis terhadap Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Yayasan Andi, 2011.

BS. Sidjabat,Pendewasaan Manusia Dewasa. Bandung: Kalam Hidup, 2014.

G. Riemer, Ajarlah Mereka:Kualitas umat kristiani esok ditentukan oleh pembinaan kini. Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih/OMF,2006.

Bilo, Dyulius Thomas. “Korelasi Landasan Teologis Dan Filosofis Dalam Pengembangan Prinsip Dan Praksis Pendidikan Agama Kristen” 3, no. 1 (2020): 1–23.

Boehle, Robert R. Sejarah Perkembangan..., n.d.

Husaini Usman, Purnomo Setiadi Akbar. Metodologi Penelitian Sosial. 1st ed. Jakarta: Bumi Aksara, 1996.

Lumban Tobing, Nancy. “Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Di Indonesia.” Mitra Sriwijaya: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, no. 1 (July 10, 2020). http://sttsriwijaya.ac.id/e-journal/index.php/mitra_sriwijaya/article/view/8.

Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitaif Dan R & D. 1st ed. Bandung: ALFABETA, 2013.

Sukarna, Sukarna. “Integritas Seorang Pendidik.” Jurnal Teologi Gracia Deo 1, no. 1 (2018): 14–22.

Tobing, Nancy F L. “Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Di Indonesia” (2020): 77–108.

Wisesa, Anggara. “Integritas Moral Dalam Konteks Pengambilan Keputusan Etis [Moral Integrity in the Context of Ethical Decision Making].” Jurnal Management Teknologi 10, no. 1 (2011): 82–92.

Bilo, Dyulius Thomas. “Korelasi Landasan Teologis Dan Filosofis Dalam Pengembangan Prinsip Dan Praksis Pendidikan Agama Kristen” 3, no. 1 (2020): 1–23.

Boehle, Robert R. Sejarah Perkembangan..., n.d.

Husaini Usman, Purnomo Setiadi Akbar. Metodologi Penelitian Sosial. 1st ed. Jakarta: Bumi Aksara, 1996.

Lumban Tobing, Nancy. “Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Di Indonesia.” Mitra Sriwijaya: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, no. 1 (July 10, 2020). http://sttsriwijaya.ac.id/e-journal/index.php/mitra_sriwijaya/article/view/8.

Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitaif Dan R & D. 1st ed. Bandung: ALFABETA, 2013.

Sukarna, Sukarna. “Integritas Seorang Pendidik.” Jurnal Teologi Gracia Deo 1, no. 1 (2018): 14–22.

Tobing, Nancy F L. “Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Di Indonesia” (2020): 77–108.

Wisesa, Anggara. “Integritas Moral Dalam Konteks Pengambilan Keputusan Etis [Moral Integrity in the Context of Ethical Decision Making].” Jurnal Management Teknologi 10, no. 1 (2011): 82–92.

Ichwei G. Indra, Teologi Sistematis: Pengetahuan Lanjutan bagi Kaum Awam dan Anggota Gereja. Bandung: Yayasan Literatur Baptis, 2003.

J.I. Packer, Knowing God: Tuntunan Praktis untuk Mengenal Allah. Yogyakarta: Yayasan Andi, 2008.

Jan Boersma, dkk., Berteologi Abad XXI. Jakarta:Literatur Perkantas, 2018.

John C. Maxwell, Mengembangkan Kepemimpinan Di Dalam Diri Anda. Jakarta : Binarupa Aksara,1995.

Kho Yao Tung, Filsafat Pendidikan Kristen. Yogyakarta: Andi, 2013.

Leon Moris, The Gospel According to Jhon: The Englist Text With Introduction, Exposition and Notes. Grand Rapids:Eerdmans,1971.

Millard J. Erickson, Teologi Kristen Volume 2 .Malang: Gandum Mas, 2003.

Paul Enns, The Moody Handbook of Theology Jilid 1. Malang: LIteratur SAAT, 2006.

Stephen Tong, Arsitek Jiwa II. Jakarta: Lembaga Reformed Injili Indonesia, 2008.

Stevri Indra Lumintang, Finalitas Kristus dan Kekristenan: Arrogant, Tolerant, Ignorant?. Jakarta: Geneva Insani Indonesia, 2018.

Th. Van den End, 16 Dokumen Dasar Calvinisme .Jakarta: BPK. Gunung Mulia, 2019.

Thomas H. Groome, Christian Religious Education: Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK. Gunung Mulia, 2010.

Tony Lane, Runtut Pijar: Tokoh dan Pemikirian Kristen dari Masa ke Masa. Jakarta: BPK. Gunung Mulia, 2016.

Welly Pandensolang, Kristologi Kristen. Jakarta: YAI Pres, 2009.

Will Metzger, Tell The Truth: Beritakan Kebenaran. Surabaya: Momentum, 2005), 78

Wolfhart Pannenberg, Yesus-God and Man (Philadelphia:Westminster, 1968.

Yakub B. Susabda, Mengenal dan Bergaul dengan Allah. Batam: Gospel Pres, 2002.

Bilo, Dyulius Thomas. “Korelasi Landasan Teologis Dan Filosofis Dalam Pengembangan Prinsip Dan Praksis Pendidikan Agama Kristen” 3, no. 1 (2020): 1–23.

Boehle, Robert R. Sejarah Perkembangan..., n.d.

Husaini Usman, Purnomo Setiadi Akbar. Metodologi Penelitian Sosial. 1st ed. Jakarta: Bumi Aksara, 1996.

Lumban Tobing, Nancy. “Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Di Indonesia.” Mitra Sriwijaya: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, no. 1 (July 10, 2020). http://sttsriwijaya.ac.id/e-journal/index.php/mitra_sriwijaya/article/view/8.

Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitaif Dan R & D. 1st ed. Bandung: ALFABETA, 2013.

Sukarna, Sukarna. “Integritas Seorang Pendidik.” Jurnal Teologi Gracia Deo 1, no. 1 (2018): 14–22.

Tobing, Nancy F L. “Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Di Indonesia” (2020): 77–108.

Wisesa, Anggara. “Integritas Moral Dalam Konteks Pengambilan Keputusan Etis [Moral Integrity in the Context of Ethical Decision Making].” Jurnal Management Teknologi 10, no. 1 (2011): 82–92.

Bilo, Dyulius Thomas. “Korelasi Landasan Teologis Dan Filosofis Dalam Pengembangan Prinsip Dan Praksis Pendidikan Agama Kristen” 3, no. 1 (2020): 1–23.

Boehle, Robert R. Sejarah Perkembangan..., n.d.

Husaini Usman, Purnomo Setiadi Akbar. Metodologi Penelitian Sosial. 1st ed. Jakarta: Bumi Aksara, 1996.

Lumban Tobing, Nancy. “Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Di Indonesia.” Mitra Sriwijaya: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, no. 1 (July 10, 2020). http://sttsriwijaya.ac.id/e-journal/index.php/mitra_sriwijaya/article/view/8.

Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitaif Dan R & D. 1st ed. Bandung: ALFABETA, 2013.

Sukarna, Sukarna. “Integritas Seorang Pendidik.” Jurnal Teologi Gracia Deo 1, no. 1 (2018): 14–22.

Tobing, Nancy F L. “Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Di Indonesia” (2020): 77–108.

Wisesa, Anggara. “Integritas Moral Dalam Konteks Pengambilan Keputusan Etis [Moral Integrity in the Context of Ethical Decision Making].” Jurnal Management Teknologi 10, no. 1 (2011): 82–92.




DOI: https://doi.org/10.53687/sjtpk.v4i1.105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
SESAWI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial Address: