Pengaruh Spiritualitas Terhadap Perilaku Belajar Siswa

Deni Mbeo, Melyarmes Hodner Kuanine

Abstract


ABSTRAK Spiritualitas mempunyai pengaruh yang vital terhadap perilaku belajar siswa. Spiritualitas siswa harus mempunyai dasar yang kokoh sehingga menghasilkan perilaku yang baik. Siswa sering kali berperilaku buruk terhadap teman, orang tua, guru bahkan diri sendiri karena diakibatkan oleh spiritualitas siswa yang tidak berkembang dengan baik. Demikian juga halnya dalam belajar, siswa yang memiliki spritualitas dapat memiliki perilaku yang baik. Perilaku belajar tersebut merupakan salah satu faktor yang pentingdalam proses pembelajaran.Spiritualitas sebagai dorongan akan kesadaran dalam meningkatkan belajar.Spiritualitas akan mempengaruhi perilaku belajar siswa ke arah positif, karena siswa menyadari pentingnya setiap proses pembelajaran. Tujuan penulisan artikel ini untuk mengetahui pengaruh spiritual terhadap perilaku belajar siswa.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yakni teknik observasi dan angket terhadap siswa yang menjadi responden dalam penelitian. Pelaksanaan penelitian di Sekolah Dasar Teologi Kristen Pelita Permai-Surabaya, dengan jumlah responden 51 siswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh spiritulitas terhadap perilaku belajar siswa 80 persen. Hal ini dapat diartikan bahwa, apabila pengaruh spiritualitas dan perilaku belajar siswa adalah 70 persen. Selanjutnya, dari hasil perhitungan uji hipotesis diketahui nilai t hitung = 13,486 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dengan demikian dari tabel tersebut menunjukkan H0 ditolak dan H1 diterima, sehingga menunjukkan kedua variabel sangat berpengaruh dan signifikan antara Pengaruh Spiritualitas (X) terhadap Perilaku Belajar Siswa (Y). Kesimpulan yang dapat ditarik dari upaya penelitian ini bahwa spiritualitas memiliki pengaruh sangat kuat atau signifikan terhadap perilaku belajar siswa dalam pembelajaran PAK di Sekolah Dasar Teologi Kristen Pelita Permai-Surabaya. Kata Kunci: Pengaruh Spiritualitas; Perilaku Belajar Siswa.

Full Text:

PDF

References


Ariarajah Wesley S, 2008,Tak Mungkin Tanpa Sesamaku, Jakarta: gunung Mulia.

Baker D.L, 1997,Kamus singkat Ibrani-Indonesia,Jakarta: Gunung Mulia.

Calvin John, 2008, Institutes of the Christian Religion,Peabody: Hendrickson Publishers.

Drost J.I.G.M, 2008,Sekolah Mengajar atau Mendidik, Yogyakarta: Kanisius.

Ferguson B. Sinclair,2003, Childern of the living God, Surabaya: Momentum.Giffin Ray David, 2005, Visi-Visi Postmodern Spiritualitas,Yogyakarta: Kanisius.

Gunarsah D. Singgih, 1990,Dasar & Teori Perkembangan Anak, Jakarta: Gunung Mulia.

Hamalik Oemar, 2015, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.

Jr. M Barclay, 2011Kamus Yunani-Indonesia,Jakarta: Gunung Mulia.

Lufidin, 2014, Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Deepublish.

Parekh Bhikhu, 2008, Rethinking Multikulturalism, Yogyakarta: Kanisius.

Ringgi Banne Ismail dkk, 2006,Kelompok Kerja PAK-PGI, Jakarta: Gunung Mulia.

Rimm Sylvia, Mengapa Anak Pintar Memperoleh Nilai Buruk, (tk: tp, tt).

Sairin Weinata, 2006,Identitas dan Ciri Khas PAK di Indonesia, Jakarta: Gunung Mulia.

Semiawan Conny, 1997,Perspektif Pendidikan Anak Berbakat, Jakarta: Grasindo.

Sumanto, 2015, Makna Simbolis gambar Anak-Anak,Malang: Gunung Samudera.

Surya Hendra, 2005,Kiat Mengatasi Penyimpangan Anak 2, Jakarta: Media Kompetindo.

Syah Muhibbin, 2016, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru,Bandung: Rosdakarya.

Tischler, 2008,Spirituality in Business: Theory, Practice, and Future Direction,USA: Press.

Tim penyusun, 1995, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Yan Olla Paulinus, 2012,Dipanggil menjadi saksi Kasih, Yogyakarta: Kanisius.

https://reformata.com/news/view/5938/makna-spiritualitas-sejati diunduh pada tanggal 19-09-2017pkl. 11:39 WIB

http://eprints.ums.ac.id/28451/6/BAB_1.pdf, diunduh pada tanggal 25-09-2017 pkl. 14:05 WIB.

https://reformata.com/news/view/5938/makna-spiritualitas-sejati diunduh pada tanggal 19-09-2017pkl. 11:39 WIB.




DOI: https://doi.org/10.53687/sjtpk.v1i2.13

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
SESAWI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial Address: