IMPLEMENTASI RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM PROSES PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA

Yermias Eliasar Alunat

Abstract


Dalam upaya untuk mencapai pendidikan karakter siswa melalui implementasi RPP PAK, dimulai dari seorang guru. Guru merupakan sosok yang memanggul status  memberi teladan  mulia yang mampu memberikan masukan input kepada siswa. Segala masukan dalam bentuk apapun yang dapat berpengaruh pada ragam perubahan kehidupan seorang siswa dalam membentuk karakter. Ragam perubahan karakter selalu diawali dengan pertanyaan yang mendorong seorang siswa untuk melakukan perenungan mendalam sebagai dasar untuk membentuk diri sendiri.Hasil dari perenungan itu diidealkan menuju tatanan kehidupan praktis yang positif.  Upaya mendekatkan idealitas proses pembentukan karakter siswa itulah yang sesungguhnya dikandung dalam filosofi tugas guru sebagai teladan dalam bertindak sebagai seorang  pengajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Analisis terhadap sumber-sumber pustaka berupa buku, artikel dan wawancara menjadi bahan kajian dalam mendeskripsikan.Tujuannya adalah untuk mengimplementasikan RPP PAK dalam pembentukan karakter siswa. Dengan demikian siswa mampu hidup dan mewujudkan karakter Kristus baik di lingkungan sekolah, gereja dan masyarakat

Full Text:

PDF

References


Adi Suprayitno;Wahit Wahyudy. “Pedidikan Karakter Di Era Milenial” (2020): 116.

Hadi Soekanto. “Panduan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)” (2010): 1–12.

Harjanto. “Perencanaan Pengajaran,Jakarta .PT.Remaja Rosdakarya.” jurnal (2013).

https://www.ainamulyana.id/. “Rpp-Pendidikan-Agama-Kristen-Pak.” (2019).

Husaini Usman, Purnomo Setiadi Akbar. Metodologi Penelitian Sosial. 1st ed. Jakarta: Bumi Aksara, 1996.

Ica Albert Tonge. “Wawancara Dengan Guru Pak SMK KRISTEN HARAPAN SEJATIH.” (2022).

Lickona, Thomas. “PENDIDIKAN UNTUK PENGEMBANGAN KARAKTER (Telaah Terhadap Gagasan Dalam Educating for Character) Dan Pokok Permasalahan Disekolah SMK Kristen Harapan Sejati” (2014): 1–20.

Muchlas Samani dan Hariyanto. “Konsep Dan Model Pendidikan Karakter (Bandung: Remaja Rosdakarya,.” jurnal (n.d.): hal. 46.

Nuh, Muhammat. “Pendidikan-Agama-Kristen-Dan Budi-Pekerti-Guru.” (2014): 114.

Omeri, Nopan. “Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan” (2015): 1–6.

ONLINE, KBBI. “Arti Kata Karakter -Kamus Besar Bahasa Indonesia(Kbbi)Online.Available at:Https://Kbbi.Web Id/Karakter/(Accessed:21 Januari 2021.” BOOK (2021): 150.

Prof.Dr.E.Mulyasa, M.Pd. “Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar.” (2021): 340.

Safitri, Novika Malinda. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kultur Sekolah Di SMP N 14 Yogyakarta” (2015): 181.

Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitaif Dan R & D. 1st ed. Bandung: ALFABETA, 2013.

Suleeman, Julia. “Pendidikan Agama Kristen Dan Budi Pekerti Untuk SMA/SMK.” (2021): 236.

Suyanto, Slamet. “Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini,Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Ketenagaan Kependidikan Dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.” jurnal (2005): 135.

ulfatun NI’MAH. “Pengaruh Penerapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa.” (2012): 1–110.




DOI: https://doi.org/10.53687/sjtpk.v5i1.181

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
SESAWI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial Address: