IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN AGAMA KRISTEN DI SMP KRISTEN DIAN SAKTI PAGERWOJO, KESAMBEN–BLITAR

Anna Candrasari, Lexie Adrin Kembuan

Abstract


Merdeka Belajar adalah program baru dari Kemendikbud RI yang mengusung pembelajaran yang menyenangkan. Dengan adanya program ini, diharapkan mampu merubah sistem pendidikan nasional yang selama ini terkesan monoton. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tahapan implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Agama Krsiten dalam konteks masa kini. Untuk mendeskripsikan kesiapan dari guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tahapan implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Agama Krsiten di SMP Kristen Dian Sakti Pagerwojo Kesamben Blitar yaitu mulai dari RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang dibuat sesuai dengan kurikulum merdeka yang memuat profil Pancasila serta disesuaikan dengan materi pembelajaran yang bersumber dari Alkitab. Kemudian, proses pembelajaran menyampaikan tujuan dan motivasi siswa, menyajikan informasi atau materi, membimbing kelompok kerja dan belajar, evaluasi dan memberikan penghargaan.

Full Text:

PDF

References


Aeni, Ani Nur. Pendidikan Karakter Untuk Mahasiswa PGSD. Bandung: UPI PRESS, 2014.

Bengu, Renny Tade. “KARAKTERISTIK KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN MENURUT 2 TIMOTIUS 2:1-13.” SESAWI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 3, no. 2 (June 27, 2022): 116–128. https://sttsabdaagung.ac.id/e-journal/index.php/sesawi/article/view/73.

Budiyana, Handi. Dasar-Dasar Pendidikan Agama Kristen. Surakarta: STT Berita Hidup, 2017.

C Asri Budiningsih. “Strategi Pembelajaran Nilai Yang.” Eprints. Last modified 2020. Accessed September 24, 2023. https://eprints.uny.ac.id/623/1/STRATEGI_PEMBELAJARAN_NILAI_YANG_HUMANIS.pdf.

Dr. Erba Rozalina Y, M.Ag. Psikologi Agama. Edited by Aly Rasyid. 1st ed. Bekasi: Dewangga Publishing, 2021. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/68464/1/11_Buku Psikologi Agama.pdf#:~:text=Buku ini membahas konsep Psikolgi Agama secara komprehensif,beragama juga menerangkan pengaruh Agama bagi kesehatan mental.

GP, Harianto. Pendidikan Agama Kristen Dalam Alkitab Dan Dunia Pendidikan Masa Kini. 1st ed. Yogyakarta: Penerbit ANDY, 2021.

Harahap, Nursapia. Penelitian Kualitatif. Edited by Hasan Sazali. 1st ed. Sumatera Utara: Wal ashri Publishing, 2020.

Hendri, Nofri. “Merdeka Belajar; Antara Retorika Dan Aplikasi.” E-Tech 8, no. 1 (2020): 24–45. https://ejournal.unp.ac.id/index.php/e-tech/article/view/107288.

Hendricks, Howard. The 7 Laws of The Teacher. Atalanta: Walk Through The Bible Ministries, 1998.

Hidayat, Sholeh. Pengembangan Kurikulum Baru. 1st ed. Jakarta: Balai Pustaka, 617.

Homrighausen, E.G. Pendidikan Agama Kristen. 1st ed. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1997.

Kembuan, Lexie Adrin, and I Wayan Sudarma. “Pemberdayaan Potensi Jemaat Dalam Membangun Gereja Misioner.” CHARISTHEO: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (September 1, 2021): 87–101. https://e-journal.anugrah.ac.id/index.php/JCH/article/view/6.

Kolibu, Dirk Roy. “TANTANGAN PELAYANAN DALAM TUGAS MENGAJAR PAK: KAJIAN TEOLOGIS, PEDAGOGIS IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN SEBAGAI INTEGRASI IMAN DAN ILMU.” Shanan Jurnal Pendidikan Agama Kristen 4, no. 1 (2017): 132–150.

Mulyasa, H.E. Menjadi Guru Pengegrak Merdeka Belajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2022.

Putra, Pristian Hadi. “Tantangan Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Society 5.0.” Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 19, no. 02 (December 31, 2019): 99–110. https://ejournal.iainkerinci.ac.id/index.php/islamika/article/view/458.

R, Fathan. “Hardiknas 2020: Merdeka Belajar Di Tengah Pandemi Covid-19.” Jurnalpos.

Rantung, Djoys Anneke. “PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN UNTUK KELUARGA MENURUT POLA ASUH KELUARGA ISHAK DALAM PERJANJIAN LAMA.” Jurnal Shanan 3, no. 2 (October 28, 2019): 63–76. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/shan/article/view/1579.

Rimbe, D.A. Kebijakan Merdeka Belajar Dan Pendidikan Agama Kristen Di Indonesia. Mara Christy. 1st ed. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2020.

Rohana. ““Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Disertai Media Video Terhadap Hasil Belajar Biologi Kelas X SMAN 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat.” STKIP PGRI SUMATERA BARAT. Last modified 2020. Accessed September 24, 2023. http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/6446/.

Saleh, Meylan. “Merdeka Belajar Di Tengah Pandemi Covid-19.” Hardiknas. Last modified 2020. Accessed September 18, 2023. http://proceedings.ideaspublishing.co.id/index.php/hardiknas/article/view/8.

Sanjaya, Wina. Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikilum Berbasis Kompetensi. 1st ed. Jakarta: Prenada Media Group, 2005.

Sidjabat, BS. “Meretas Polarisasi Pendidikan Kristiani.” Indonesia Jurnal Of Teologi 7, no. 1 (2019): 67. https://www.indotheologyjournal.org/index.php/home/article/view/2.

Siregar, Rosmita Sari. Dasar-Dasar Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2021.

Sudiarjo Purba, Lamhot Naibaho, Djoys Anneke Rantung. “Pemberdayaan KKG PAK Dalam Peningkatan Kompetensi Profesional Guru PAK Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka.” Jurnal Cristian Humaniora 6, no. 2 (2020): 25–45. https://e-journal.iakntarutung.ac.id/index.php/humaniora/article/view/1822.

Usman, Husaini. Manajemen: Teori, Praktik, Dan Riset Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2006.




DOI: https://doi.org/10.53687/sjtpk.v5i1.186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
SESAWI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial Address: