ANALISIS DESKRIPTIF PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI DALAM KELAS

Filmon Berek

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesulitan yang dihadapi oleh siswa di sekolah dalam proses pembelajaran. Beberapa siswa sering mengalami kesulitan dalam menguasai konsep dan teori yang menjadi fokus kajian mereka. Hambatan-hambatan tersebut antara lain: Pertama, kurangnya pemahaman terhadap tujuan pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Kedua, minimnya partisipasi siswa dalam mengemukakan pendapat atau argumen selama proses pembelajaran. Ketiga, kesulitan dalam menghafal materi pembelajaran. Keempat, rendahnya tingkat konsentrasi saat mengikuti proses pembelajaran. Hambatan-hambatan ini disebabkan oleh faktor internal maupun eksternal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa peran guru sangat penting dalam membantu siswa mengatasi hambatan-hambatan belajar yang mereka alami.


Full Text:

PDF

References


Afnibar. “Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Dalam Kuliah Online.” Jurnal Bimbingan Konseling Islam 11, no. 2 (2020).

Berton Bostang H Silaban, Bernat Lubis, Indon Raya Nahulae, Edy Leonardo, Robert Silaban. “Belajar Liturgi Modern Dan Teologi Populer Demi Eksplorasi Nilai-Nilai Luhur Ilahi.” Journal of Education Research, 5(1), 2024, Pages 842-849843Journal of Education Research 5, no. 1 (2024).

Djamarah, Syaiful Bahri. “Psikologi Belajar.” Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

———. Strategi Pembelajaran. 2nd ed. Jakarta: Rineka Cipta, 2018.

Dkk, Afnibar. “Analisa Kesulitan Belajar Mahasiswa Dalam Kuliah Online.” Jurnal Bimbingan Konseling Islam 11, no. 2 (2020). file:///C:/Users/hp/Downloads/2091-4568-1-SM (4).pdf.

Ester Lina Situmorang, Hendri Hutapea, Yoeli Zai. “Kompetensi Pedagogik Guru Pak Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Real Didache 3 (2018): 9.

Firmansari, Siska. “Identifikasi Kesulitan Belajar Mahasiswa Melalui Model Project Based Learning.” Jurnal Pendidikan Matematika 3, no. 1 (2018).

H. Mulyadi, M.Pd.I. Diagnosis Kesulitan Belajar Dan Pembimbimgan Terhadap Kesulitan Belajat Khusus. 2nd ed. Yogyakarta: Nuha Litera, 2010.

Harahap, Nursapia. Penelitian Kualitatif. Edited by Hasan Sazali. 1st ed. Sumatera Utara: Wal ashri Publishing, 2020.

Maesaroh, Siti. “PERANAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.” Jurnal Kependidikan 1, no. 1 (1970).

Mary, Eirene. “Analisis Kesulitan Belajar Materi Filsafat Pendidikan Kristen Pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Teologi.” Teologi Praktika 1, no. 1 (2020).

Mukmin, Taufik. “Pendekatan Dalam Mengajar Prespektif Syaiful Bahri Djamarah Dan Abuddin Nata.” El-Ghiroh 14, no. 1 (2018).

Mustikawati. “Mengatasi Kesulitan Belajar PAK.” Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 8, no. 1 (2020).

Nugraheni, Diah. “Analisa Kesulitan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Mekanika.” Jurnal Pendidikan Sain & Matematika 5, no. 1 (2017). file:///F:/proposal/bahan kesulitan belajar/analisis-kesulitan-belajar-mahasiswa.pdf%0D.

Nur Wasito, Fandi Ahmad Kurniawan. “Analisis Penyebab Kesulitan Belajar Mahasiswa Dalam Pembelajaran Konstruktivistik Mata Kuliah Aljabar Linear.” Jurnal Pendidikan Matematika Indosensia 3, no. 2 (2018).

Oktiani, Ifni. “Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik.” Jurnal Kependidikan 5, no. 2 (November 24, 2017): 216–232. http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/1939.

Phang, Benny. “Tergeraklah Hatinya Oleh Belas Kasihan Belajar Dari Perumpamaan Orang Samaria Yang Murah Hati (Luk 10:25-37) Dalam Mengasihi Embrio Manusia Sebagai Sesama.” Studia Philosophica et Theologica 19, no. 1 (December 11, 2019): 57–79. http://ejournal.stftws.ac.id/index.php/spet/article/view/87.

Rosmalalah Yanti, Erni. “Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa PGSD Universitas Cokroaminoto Palopo Pada Mata Kuliah Fisika Dasar.” Cokroaminoto Jurnal of Pramentary Edukacation 2, no. 2 (2019). https://e-journal.my.id/cjpe/article/view/142/108.

Siti Urbayatun, et al. Kesulitan Belajar Dan Gangguan Psikologi Ringan Pada Anaka. 1st ed. Yogyakarta: K-Media, 2019.

Stephen Tong. Arsitek Jiwa2. Edited by Robby Moningka. 2nd ed. Surabaya: Momentum, 2018.

Subini, Nini. “Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak.” Indonesi One Search. Jogjakarta: Javalitera, 2020.

Sumarsono, Puji. Belajar Dan Pembelajaran Di Era Milenial. 1st ed. Malang: Universitas Muhamadiyah, 2020.

Suryosubroto. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Wajabula, Christina Martha, I Nyoman Sudana Degeng, and Dedi Kuswandi. “Kontribusi Metode Bermain Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Anak Sekolah Minggu.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 5, no. 1 (January 27, 2021): 27. https://journal.sttsimpson.ac.id/index.php/EJTI/article/view/320.

Winarti, Puji. “Analisa Kesulitan Belajar Mahasiswa Dalam Perkuliahan Konsep Dasar IPA Fisika Secara Daring Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 5, no. 1 (2021).

Yusak Tanasyah, Lasmaria Nami Simanungkalit. “PERUMPAMAAN SEBAGAI MODELPEMBELAJARAN YANG EFEKTIF UNTUK PROSES BELAJAR MENGAJAR PENDIDIKAN KRISTEN.” Jurnal Quarens 2, no. 1 (2020): 31. https://www.widyaagape.ac.id/jurnal/index.php/quaerens/article/view/18/18.




DOI: https://doi.org/10.53687/sjtpk.v5i1.219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
SESAWI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial Address: