ANALISIS DESKRIPTIF PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI DALAM KELAS

Filmon Berek

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi mahasiswa di sekolah X yang mengalami kesulitan belajar. Sering kali ditemukan beberapa mahasiswa tidak menguasai konsep dan teori pengetahuan teologi atau PAK yang menjadi bidang ilmu yang digelutinya. Berapa kesulitan belajar mahasiswa yaitu: Pertama, kurang memahami sasaran pembelajaran yang diajarkan dosen. Kedua, kurang mengerti bahasa ilmiah, istilah teologi yang digunakan dosen dan dalam buku atau sumber lainnya. Ketiga, jarang menyampaikan pendapat atau argumentasi saat pembelajaran berlangsung. Keempat, konsentrasi rendah ketika mengikuti perkuliahan. Kelima, sulit menghafal atau mengingat materi kuliah. Kesulitan belajar mahasiswa disebabkan karena masalah internal dan eksternal. Metode yang digunakan dalam metode penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil yang diperoleh dideskripsikan dengan sumber-sumber yang berkaitan dengan penelitian. Hasilnya menunjukkan bahwa ada peran dosen yang signifikan dalam mengatasi kesulitan belajar mahasiswa.


Full Text:

PDF

References


Djamarah, Syaiful Bahri. Strategi Pembelajaran. 2nd ed. Jakarta: Rineka Cipta, 2018.

Guru. Wawancara Kepada guru Berkaitan Tentang Kesulitan Belajar siswa, 2021.

Eko Hariyanto, M.Pd. Pengajaran Remedial Dalam Pendidikan Jasmani. 2nd ed. Banjarmasin: Lambung Mangkurat Universitasy Press, 2020.

Firmansari, Siska. “Identifikasi Kesulitan Belajar Mahasiswa Melalui Model Project Based Learning.” Jurnal Pendidikan Matematika 3, no. 1 (2018).

H. Mulyadi, M.Pd.I. Diagnosis Kesulitan Belajar Dan Pembimbimgan Terhadap Kesulitan Belajat Khusus. 2nd ed. Yogyakarta: Nuha Litera, 2010.

Hakim, Thursan. Belajar Secara Efektif. 1st ed. Jakarta: Puspa Swara, 2008.

Harahap, Nursapia. Penelitian Kualitatif. Edited by Hasan Sazali. 1st ed. Sumatera Utara: Wal ashri Publishing, 2020.

Jeanete Ophilia Papilaya, Neleke Huliselan. “Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa.” Jurnal Psikologi 15, no. 1 (2016): 56. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/psikologi/article/view/12992/9731.

Mary, Eirene. “Analisis Kesulitan Pelajar Materi Filsafat Pendidikan Kristen Pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Teologi.” Jurnal Teologi Praktika 1, no. 1 (2020).

Moeliono, Anton M. Kamus Besar Bahasa Indonesia. 1st ed. Jakarta: Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1998.

Mukmin, Taufik. “Pendekatan Dalam Mengajar Prespektif Syaiful Bahri Djamarah Dan Abuddin Nata.” El-Ghiroh 14, no. 1 (2018).

Nugraheni, Diah. “Analisa Kesulitan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Mekanika.” Jurnal Pendidikan Sain & Matematika 5, no. 1 (2017). file:///F:/proposal/bahan kesulitan belajar/analisis-kesulitan-belajar-mahasiswa.pdf%0D.

Nur Wasito, Fandi Ahmad Kurniawan. “Analisis Penyebab Kesulitan Belajar Mahasiswa Dalam Pembelajaran Konstruktivistik Mata Kuliah Aljabar Linear.” Jurnal Pendidikan Matematika Indosensia 3, no. 2 (2018).

———. “ANALISIS PENYEBAB KESULITAN BELAJAR MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK MATA KULIAH ALJABAR LINIER.” Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia 3, no. 2 (2018): 48. https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/article/view/666/pdf.

Pelangi, Inne. Psikologi Pendidikan. Edited by 1. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2021.

Peraturan Pemerintah RI. “Undang-Undang Repuplik Indonesia 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Dalam Pasal 39 Ayat 2.” Jakarta, 2003.

R, . Wawancara Tentang Kesulitan Belajar Yang Di Alami. Jakarta, 2021.

Rosmalalah Yanti, Erni. “Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa PGSD Universitas Cokroaminoto Palopo Pada Mata Kuliah Fisika Dasar.” Cokroaminoto Jurnal of Pramentary Edukacation 2, no. 2 (2019). https://e-journal.my.id/cjpe/article/view/142/108.

R, Wawancara Berkaitan Dengan Penggunaan Perpustakaan Oleh Sisswa. Jakarta, 2021.

Safira, Ifa. MOdel Pembelajaran STEMBL (Science, Technology, Engineering, and Mathematics Berbasis Blended Learning). 1st ed. Yogyakarta: Bintang Pustaka Madani, 2021.

Siti Urbayatun, et al. Kesulitan Belajar Dan Gangguan Psikologi Ringan Pada Anaka. 1st ed. Yogyakarta: K-Media, 2019.

Stephen Tong. Arsitek Jiwa2. Edited by Robby Moningka. 2nd ed. Surabaya: Momentum, 2018.

Subini, Nini. “Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak.” Indonesi One Search. Jogjakarta: Javalitera, 2020.

Sumarsono, Puji. Belajar Dan Pembelajaran Di Era Milenial. 1st ed. Malang: Universitas Muhamadiyah, 2020.

Winarti, Puji. “Analisa Kesulitan Belajar Mahasiswa Dalam Perkuliahan Konsep Dasar IPA Fisika Secara Daring Di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 5, no. 1 (2021).

———. “Analisa Kesulitan Belajar Mahasiswa Dalam Perkuliahan Konsep Dasar IPA Fisika Secara Daring Di Masa Pandemi Covit-19.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 5, no. 1 (2021).

Yang, Ferry. Pendidikan Kristen. Edited by Jessy Siswanto. 1st ed. Surabaya: Momentum, 2018.




DOI: https://doi.org/10.53687/sjtpk.v5i1.219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
SESAWI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial Address: