ANALISIS DESKRIPTIF KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DI ERA MASA KINI

Filmon Berek

Abstract


Kompetensi pedagogi dapat membawa perubahan ketika guru mewujudkan kompetensi sesuai dengan undang-undang pendidikan yang ada, kompetensi pedagogi meliputi kompetensi pedagogik yang meliputi: (a) pemahaman wawasan atau landasan pendidikan, (b) pemahaman peserta didik, (c) pengembangan kurikulum atau silabus, ( d) desain pembelajaran, (e) pelaksanaan pembelajaran yang edukatif dan dialogis, (f) pemahaman teknologi pembelajaran, (g) evaluasi hasil belajar, dan (h) pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitustudi  kepustakaan. Hal-hal di atas merupakan indikator-indikator yang membawa perubahan pada prestasi belajar siswa. Prestasi belajar akan menjadi signifikan apabila kompetensi pedagogik dapat dikembangkan dalam proses belajar mengajar

Full Text:

PDF

References


Jannah, Miftahul. "Landasan pendidikan." (2009).

Gemnafle, Mathias, and John Rafafy Batlolona. "Manajemen pembelajaran." Jurnal pendidikan profesi guru indonesia 1.1 (2021): 28-42.

Ansori, Miksan. Dimensi HAM dalam Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003. Iaifa Press, 2020.

Insani, Galuh Nur, DinieAnggraeni Dewi, and Yayang Furi Furnamasari. "Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan untuk mengembangkan karakter siswa sekolah dasar." Jurnal Pendidikan Tambusai 5.3 (2021): 8153-8160.

Sulfemi, Wahyu Bagja. "Kemampuan pedagogik guru." (2019).

Ngantung, Mediatrix Maryani. "Peningkatan Kualitas Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Melalui Supervisi Akademik di SMA Negeri 9 Manado Tahun Pembelajaran 2015/2016." Jurnal Ilmiah Pro Guru 3.2 (2021): 249-258.

Sulfemi, Wahyu Bagja. "Kemampuan pedagogik guru." (2019).

Lena, I. M., Anggraini, I. A., Utami, W. D., & Rahma, S. B. (2020). Analisis minat dan bakat peserta didik terhadap pembelajaran. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 23-28.

Setiyowati, Ester Putri, and Yonatan Alex Arifianto. "Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen." SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1.2 (2020): 78-95.

Tafonao, Talizaro, et al. "Tantangan Pendidikan Agama Kristen dalam menanamkan nilai-nilai Kristen pada Anak Usia Dini di era teknologi." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6.5 (2022): 4847-4859.

Marpaung, Flowrent Natalia, Bernadetha Nadeak, and Lamhot Naibaho. "Teknik Peningkatan Mutu Pendidikan." Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 5.1 (2023): 3761-3772.

Hermawan, Eddy. "Pengaruh Kompetensi, Pendelegasian Wewenang dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja." Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen 2.2 (2019): 148-159.

Akbar, Aulia. "Pentingnya kompetensi pedagogik guru." JPG: Jurnal Pendidikan Guru 2.1 (2021): 23-30.

Dudung, Agus. "Kompetensi profesional guru." JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan) 5.1 (2018): 9-19.

Abidin, Rizki F., dkk. "Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Menerangkan Kecerdasan Moral Siswa." Jurnal Kultur Demokrasi , vol. 3, tidak. 1, 2015.

Setiyowati, Ester Putri, and Yonatan Alex Arifianto. "Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen." SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1.2 (2020): 78-95.

Sulfemi, Wahyu Bagja. "Kemampuan pedagogik guru." (2019).

Abdul Kadir Sahlan, Mendidik Persepektif Psikologi(Yogyakarta: Penerbit Deepublish, 2018)

Rifma, Optimalisasi Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru(Jakarta: Kencana, 2016).

Chomaidi and Salamah, Pendidikandan Pengajaran Strategi Pembelajaran Sekolah(Jakarta: Gramedia Widiasarana, 2018).

Rifma, Optimalisasi Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru

Esther Rela Intarti, “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Motivator,” Regula Fidei(2016).

Lismia, Pengembangan Kurikulum(Semarang: Uwais Inspirasi Indonesia, 2017)

Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru(Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2017)

B.S Sidjabat, Mengajar Secara Profesional(Bandung: kalam hidup, 2017), 112.

Intarti, “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Motivator.”

Mulyasa, Standar Kompetensi Dan Sertifikasi Guru(bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.

H. Wina, Perencanaan & Desain Sistem Pembelajaran(Jakarta: PT Kharisma Putra Utama, 2017)

Farid Ahmadi, Guru SD Di Era Digital(Semarang: CV Pilar Nusantara, 2017)

Paulus Lilik Kristianto, Prinsip Dan Praktek Pendidikan Agama Kristen(Yogyakarta: Penerbit Andi, 2006), 83.

Lilis Ermindyawati, “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Perilaku Siswa-Siswi Di SD Negeri 01 Ujung Watu Jepara,” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika(2019).

Yonatan Alex Arifianto and Asih sumiwi Rachmani, “Peran Roh Kudus Dalam Menuntun Orang Percaya Kepada Seluruh Kebenaran Berdasarkan Yohanes 16 : 13,” Jurnal Diegesis3, no. 1 (2020): 1–12

E.G Homrighausen and I.H Enklaar, Pendidikan Agama Kristen(Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2018), 74

Muhammad Yaumi, Media Dan Teknologi Pembelajaran,(Jakarta: Prenadamedia, 2018).

Ibid

Imanuel Agung and Made Astika, “Penerapan Metode Mengajar Yesus Menurut Injil Sinoptik Dalam Pelaksanaan Pendidikan Agama Kristen Di SMA Gamaliel Makassar,” Jurnal Jaffray(2011).

Endang, Teknologi Dan Media Pendidikan Dalam Pembelajaran(solo: Arya Luna, 2019)

Agung and Astika, “Penerapan Metode Mengajar Yesus Menurut Injil Sinoptik Dalam Pelaksanaan Pendidikan Agama Kristen Di SMA Gamaliel Makassar.

Dirman and Cicih Juarsih, Penilaian Dan Evaluasi(Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2014).

Bangun Munte, “Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) Terhadap Hasil Belajar Siswa,” Jurnal Dinamika Pendidikan2(2016)

Musfah, Peningkatan Kompetensi Guru: Melalui Pelatihan Dan Sumber Belajar Teori Dan Praktik.

Ermindyawati, “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Perilaku Siswa-Siswi Di SD Negeri 01 Ujung Watu Jepara.”

Mustajab Moh. Zaiful and Aminol Rosid, Prestasi Belajar(Malang: Literasi Nusantara Abadi, 2019).

M. Ngalim Purwanto, Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran(Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2002)

Moh. Zaiful Rosyid, Prestasi Belajar(Malang: Literasi Nusantara Abadi, 2019)

Oemar Hamalik, Kurikulum Dan Pembelajaran(Jakarta: Bumi Aksara, 2001).

Thursan Hakim, Belajar Secara Efektif (Depok Jawa barat: Puspa Swara, 2000).




DOI: https://doi.org/10.53687/sjtpk.v5i2.273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
SESAWI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial Address: