PERAN GEREJA DALAM MEMBANGUN SPIRITUALITAS ANAK DIGITAL NATIVE DITENGAH TANTANGAN ERA DIGITAL
Abstract
Era digital telah membawa perubahan signifikan dalam cara anak-anak digital native berinteraksi dengan dunia, termasuk dalam aspek spiritualitas. Peningkatan waktu yang dihabiskan di depan layar menggantikan sebagian keterlibatan mereka dalam praktik keagamaan tradisional dengan konsumsi konten digital, yang memengaruhi pemahaman, nilai, dan ekspresi spiritualitas. Hal ini menimbulkan tantangan baru sekaligus peluang dalam pendidikan spiritual, mengingat teknologi dapat menjadi alat yang efektif tetapi juga berisiko. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi dampak media digital terhadap perkembangan spiritualitas anak-anak digital native dalam konteks komunitas agama. Dengan menggunakan studi literatur sebagai metode utama, penelitian ini mengintegrasikan teori perkembangan kognitif Piaget, teori sosialisasi digital, dan Uses and Gratifications Theory untuk menganalisis dinamika perubahan pola spiritualitas pada anak-anak. Temuan menunjukkan bahwa media digital, di satu sisi, menawarkan aksesibilitas, pengalaman pembelajaran interaktif, dan kemampuan mempersonalisasi perjalanan spiritual, tetapi di sisi lain, menghadirkan tantangan seperti paparan berlebihan terhadap konten kurang mendukung nilai spiritual, keterasingan sosial, dan berkurangnya keterlibatan dalam komunitas keagamaan. Dengan demikian, penting untuk merancang pendekatan integratif yang memanfaatkan keunggulan teknologi digital tanpa mengesampingkan nilai interaksi langsung dalam komunitas agama. Penelitian ini menegaskan bahwa pendidikan spiritual di era digital harus memperhatikan manfaat dan risiko yang muncul dari penggunaan media digital, dengan menyeimbangkan antara pembelajaran berbasis teknologi dan interaksi manusia dalam komunitas untuk membangun spiritualitas yang holistik dan relevan bagi anak-anak digital native.
Full Text:
PDFReferences
Adiprasetya, Joas. Pendidikan Agama Kristen Di Era Digital. Jakarta, 2021.
Bastian, R. Anak Digital: Mendidik Anak Di Era Digital. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2021.
Dewi, N. L. P. E. “Pemanfaatan Media Sosial Dalam Pembentukan Komunitas Rohani Di Era Digital.” Jurnal Ilmu Komunikasi 2 (2020): 150–165.
Gorrell, Angela. Growing Up with God and Technology: Youth, Faith, and Identity in a Digital Age. Baker Academic, 2022.
Jawamara, Markus Ndihi. “Memahami Konsep Iman Dan Perbuatan Menurut Yakobus: Suatu Study Eksegesis Yakobus 2:26.” SESAWI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, no. 2 (June 29, 2020): 111–125. https://sttsabdaagung.ac.id/e-journal/index.php/sesawi/article/view/15.
Jewett, Leah, Maddie Ohl, and Michelle Jayman, eds. Supporting New Digital Natives Children’s Mental Health and Wellbeing in a Hi-Tech Age. Policy Press, 2021.
Kinnaman, D. You Lost Me: Why Young Christians Are Leaving Church... and Rethinking Faith. Grand Rapids: Baker Books, 2011.
Lestari, D. Sosialisasi Digital: Pengaruh Media Digital Terhadap Pembentukan Karakter Spiritual Pada Remaja. Bandung: Alfabeta, 2023.
Marbun, Purim. “Strategi Dan Model Pembinaan Rohani Untuk Pendewasaan Iman Jemaat.” Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH) 2, no. 2 (December 23, 2020): 151–169. https://ojs-jireh.org/index.php/jireh/article/view/42.
Mulyadi, S. “Penerapan Teori Perkembangan Kognitif Piaget Dalam Pembelajaran Berbasis Teknologi Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Ilmiah Psikologi dan Pendidikan 1 (2021): 45–56.
Pratiwi, N. S. “Pengaruh Media Digital Terhadap Perkembangan Kognitif Anak.” Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling 5 (2017): 123–135.
Putri, S. D., and S Riyanto. “Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Sekolah Terhadap Perkembangan Karakter Anak.” Jurnal Pendidikan Karakter 2 (2020): 123–135.
Rahman, F. Psikologi Perkembangan Anak Di Era Digital: Perspektif Piaget. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2023.
Rahmawati, I. “Pengaruh Lingkungan Gereja Terhadap Pembentukan Moral Anak.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen 3 (2019): 211–220.
Rina, S. H. Inovasi Pembelajaran Digital Dalam Konteks Pendidikan Keagamaan. Jakarta: Akademika, 2021.
Riyanto, Andi Dwi. “Hootsuite (We Are Social): Data Digital Indonesia 2024.” Andi.Link. Last modified 2024. Accessed September 10, 2024. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-data-digital-indonesia-2024/.
Saputra, A. D. “Peran Media Digital Dalam Sosialisasi Nilai-Nilai Spiritual Pada Anak Dan Remaja Di Era Digital.” urnal Komunikasi dan Media 2 (2022): 101–115.
Setiawan, A. Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. Bandung: Pustaka Setia, 2020.
Smeets, L. “Exploring Virtual Reality as a Tool for Spiritual Practice and Religious Education.” International Journal of Religious Education and Innovation 2 (2020): 129–144.
Smith, T. Digital Media and Spiritual Education. London: Routledge, 2021.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.
———. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.
Sukmana, D. “Penggunaan Media Digital Dalam Pemenuhan Kebutuhan Spiritual Anak Digital Native: Perspektif Teori Penggunaan Dan Kepuasan.” Jurnal Komunikasi dan Media Indonesia 1 (2022): 123–138.
Supratman, Lucy Pujasari. “Penggunaan Media Sosial Oleh Digital Native.” Ilmu Komunikasi 15 (2018): 47–60.
Utami, A. S, and T. Nugroho. “Media Digital Dalam Perspektif Teori Perkembangan Kognitif Piaget: Studi Kasus Pada Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” Jurnal Teknologi Pendidikan Indonesia 3 (2022): 89–103.
Waruwu, Elfin Warnius, and Mozes Lawalata. “Membangun Masyarakat Digital Yang Beretika: Mengintegrasikan Nilai-Nilai Kristen Di Era Teknologi Digital 5.0.” Didaché: Journal of Christian Education 5 (2024): 22–46.
Wibowo, A. B. “Peran Media Sosial Dalam Sosialisasi Anak Di Era Digital.” Jurnal Ilmu Komunikasi 1 (2020): 67–80.
“98 Persen Anak Dan Remaja Tahu Internet.” Kominfo. Last modified 2024. Accessed September 10, 2024. https://www.kominfo.go.id/index.php/content/detail/3836/98+Persen+Anak+dan+Remaja+Tahu+Internet/0/berita_satker.
DOI: https://doi.org/10.53687/sjtpk.v6i1.284
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

SESAWI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.