PEMBERDAYAAN GENERASI MUDA DALAM MENUMBUHKEMBANGKAN KARAKTERISTIK KRISTUS DI ERA DIGITAL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggali cara pemberdayaan generasi muda dalam menumbuhkembangkan karakter Kristus di era digital. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang membawa kemudahan, generasi muda dihadapkan pada tantangan besar dalam mempertahankan nilai-nilai Kristiani. Pembentukan karakter Kristus, yang mencakup kasih, kerendahan hati, dan integritas, menjadi semakin sulit dengan adanya pengaruh negatif dari media sosial dan konten digital. Oleh karena itu, diperlukan sinergi antara keluarga, gereja, dan masyarakat untuk membimbing generasi muda dalam menghadapi era digital yang semakin kompleks. Selain itu, pemanfaatan teknologi digital, seperti aplikasi pendidikan berbasis iman dan konten inspiratif, dapat menjadi alat yang efektif dalam mendukung pembentukan karakter Kristus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berbasis studi pustaka untuk mengidentifikasi tantangan dan strategi yang dapat diterapkan untuk membimbing generasi muda dalam menumbuhkan karakter Kristus, agar mereka dapat memanfaatkan teknologi dengan bijak sekaligus menjaga nilai-nilai Kristiani dalam kehidupan sehari-hari.
Full Text:
PDFReferences
Annur, Pingki Alfanda, Eri Susanti, and Irega Gelly Gera. “Urgensi Pendidikan Moral Sekolah Dasar Dalam Membentuk Karakter Religius Di Era Digital Menurut Henry Alexis Rudolf Tilaar.” Jurnal Edukasi 1, no. 3 (2023): 271–87. https://doi.org/10.60132/edu.v1i3.182.
Boiliu, Fredik Melkias, Sara Yemima Purba, and Agustus Laian. “Transformasi Kerohanian Siswa Di Era Digital : Pendekatan Baru Dalam Pendidikan Agama Kristen” 1, no. 1 (2024): 94–110.
Gultom, Joni Manumpak Parulian. “Strategi Gembala Jemaat Dalam Pembangunan Motivasi Dan Konsistensi Spiritual Generasi ‘Z.’” Jurnal Gamaliel: Teologi Praktika 5, no. 1 (2023): 45–62. https://jurnal.stt-gamaliel.ac.id/index.php/gamaliel/article/view/152/54.
Harjanto, Sutrisna. “VISI PENDIDIKAN BERDASARKAN KONSEP PANGGILAN: Upaya Menemukan Arah Yang Menyatukan Pendidikan Kristen Di Berbagai Konteks” 7, no. 1 (2019): 46–71.
Lewar, Marike Amanda Adeltania, and Intansakti Pius X. “Upaya Membangun Sikap Kasih Dalam Hidup Keluarga Kristiani Diera Digital.” Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama Dan Filsafat 2, no. 1 (2024): 110–21.
Mendrofa, Eriyani, and Deslana Roidja Hapsarini. “Rancang Bangun Pendidikan Kristiani Di Era Digital: Sebuah Usaha Menjadikan Pendidikan Kristen Relevan Di Era Digital.” EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership 4, no. 2 (2023): 196–207. https://doi.org/10.47530/edulead.v4i2.158.
Primayana, Kadek Hengki, and Putu Yulia Angga Dewi. “Manajemen Pendidikan Dalam Moderasi Beragama Di Era Disrupsi Digital.” Tampung Penyang 19, no. 1 (2021): 45–59.
Rudding, Risdayana, Femi Yanti Ramme, Delly Itania Ruben, and Sriweni Antika Masarrang. “TEKNOLOGI DAN HIDUP KUDUS: Bagaimana Generasi Z Mengintegrasikan Nilai-Nilai Kristen Dalam Era Digital.” Jurnal Kajian Pendidikan 1, no. 1 (2023): 14–25.
Sarah, Lina, and Ellyatun Tarigan. “TANTANGAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN PADA ANAK DI ERA DIGITAL.” ARYA SATYA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 2, no. 4 (2022): 53–64.
Waruwu, Elfin Warnius, and Mozes Lawalata. “Membangun Masyarakat Digital Yang Beretika: Mengintegrasikan Nilai-Nilai Kristen Di Era Teknologi Digital 5.0.” Didache: Journal of Christian Education 5, no. 1 (2024): 22–46. https://doi.org/10.46445/djce.v5i1.747.
Yusnita, Desy Milenia. “Relevansi Teologi Reformasi Bagi Pembentukan Karakter Kristen Di Era Modern.” Relinesia: Jurnal Kajian Agama Dan Multikulturalisme Indonesia 3, no. 1 (2024): 64–73.
Zendrato, Darman Syah Putra, Martina Novalina, Anwar Three Millenium Waruwu, and Eddy Simanjuntak. “Family Altar Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Anak Dalam Menghadapi Tantangan Di Era Digital.” KHAMISYIM: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani 1, no. 1 (2023): 15–27. https://ojs.sta-batu.ac.id/index.php/khamisyim/indexKHAMISYIM:JurnalTeologidanPendidikanKristiani%7C15.
DOI: https://doi.org/10.53687/sjtpk.v6i1.305
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

SESAWI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.