SIGNIFIKANSI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MENGATASI KRISIS IDENTITAS GENERASI Z

Filmon Berek

Abstract


Penelitian ini berawal dari permasalahan krisis identitas yang dialami Generasi Z, ditandai dengan kesulitan memahami jati diri dan nilai moral akibat pengaruh budaya populer serta sekularisme. Pendidikan Agama Kristen (PAK) berperan penting dalam mengatasi tantangan ini dengan menanamkan nilai spiritual dan moral yang kuat sejak dini. Penelitian bertujuan menganalisis kontribusi PAK dalam membantu Generasi Z membangun identitas yang kokoh melalui pengajaran prinsip-prinsip spiritual dan dampaknya terhadap karakter. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi pustaka, melibatkan analisis literatur dari buku, jurnal, dan dokumen relevan. Hasil menunjukkan bahwa PAK efektif dalam membangun identitas peserta didik dengan mengajarkan iman, kasih, dan kebenaran Firman Tuhan, membantu mereka mengenal jati diri sebagai ciptaan Allah dan memperkuat hubungan dengan-Nya. Oleh karena itu, implementasi PAK yang baik penting dalam membentuk generasi yang berkarakter dan berintegritas.

Full Text:

PDF

References


Creswell, John W. Qualitatif Inquiry and Research Design. California: Sage Publications, 1998.

Denton, Christian Smith and Melinda Lundquist. Soul Searching: The Religious and Spiritual Lives of American Teenagers. 1st ed. Oxford: Oxford University Press, 2005.

———. Soul Searching: The Religious and Spiritual Lives of American Teenagers. 2nd ed. Oxford: Oxford University Press, 2005.

Erikson, Erik H. Identity: Youth and Crisis. 1st ed. New York: W.W. Norton, 2019.

Group, Barna. Gen Z: The Culture, Beliefs and Motivations Shaping the Next Generation. 2nd ed. New York: Ventura, CA: Barna Group, 2018.

Holmes, Arthur F. The Idea of a Christian College. 1st ed. London: Grand Rapids Eedemans, 2018.

Homrighausen dan Enklar. Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: Gunung Mulia, 1957.

J.I. Packer. Knowing God. 1st ed. London: Downers Grove, IL: InterVarsity Press, 2017.

Jean M. Twenge, IGen. Why Today’s Super-Connected Kids Are Growing Up Less Rebellious, More Tolerant, Less Happy. 1st ed. New York: Atria Books, 2017.

John Stott. The Contemporary Christian: Applying God’s Word to Today’s World. 1st ed. Downers Grove: InterVarsity Press, 2017.

Lewis, C. S. Mere Christianity. 1st ed. New York: HarperOne, 2001.

Raco, J.R. Metode Penelitian Kualitatif. 1st ed. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2010.

Taylor, Charles. A Secular Age. 1st ed. Cambridge: Harvard University Press, 2007.

Willard, Dallas. Renovation of the Heart: Putting on the Character of Christ. 2nd ed. London: Colorado Springs: NavPress, 2002.




DOI: https://doi.org/10.53687/sjtpk.v6i2.322

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
SESAWI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial Address: