INTEGRASI NILAI KARAKTER DALAM PROFESIONALISME GURU PAK BERDASARKAN 2 TIMOTIUS 2:24-25
Abstract
Guru Pendidikan Agama Kristen (PAK) adalah pribadi yang dipanggil untuk mewakili Kristus dalam dunia pendidikan, baik melalui pengajaran, perilaku, maupun sikap hidupnya sehari-hari. Dalam perannya, guru PAK tidak hanya mentransfer pengetahuan Alkitab, tetapi juga menjadi teladan dalam menghidupi nilai-nilai Kristiani dalam 2 Timotius 2:24-25 yang mencerminkan landasan karakter yang seharusnya dimiliki guru PAK dalam menjalankan profesinya. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan yaitu menggunakan literatur yang relevan dengan profesionalisme guru. Hasil penelitian menunjukkan profesionalisme guru PAK tidak hanya diukur melalui kompetensi akademik, tetapi juga melalui integritas spiritual dan karakter Kristiani. Kitab 2 Timotius 2:24–25 memberikan fondasi teologis yang kuat untuk membentuk sikap profesional guru PAK yang tidak hanya mengajar, tetapi juga membimbing dengan kasih, kesabaran, dan hikmat ilahi.
Full Text:
PDFReferences
Afolo Zebua, Nova Y. Saragih, Andi Sadarita, Maston Situmorang. “Hubungan Kepribadian Guru PAK Dengan Karakter Peserta Didik Di SMP Negeri 2 Bandar Pulau Asahan.” I L L U M I N A T E: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani Vol. 1, No. 2 (2018): 190–201.
Agnes Poluan, Heldy Rogahang, Ribka Munte, Bryan Kaurouw. “Kreativitas Guru Pak Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19.” MAGENANG:Jurnal Teologi DanPendidikanKristen Vol. 2, No (2021): 1–6.
Agusta Kurniati. “Guru Dalam Pandangan Gravisimum Educationis.” Jurnal PEKAN Vol. 2, No. 1 (2017): 100–113.
Arozatulo Telaumbanua. “ImplementasiKonsep Pengajaran Tuhan Yesus Kristus Pada PembelajaranPendidikan Agama Kristen.” Jurnal Teologi RAHMAT Vol. 6, No. 1 (2020): 27–39.
Bimo Setyo Utomo. “(R)Evolusi Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Mentransformasi Kehidupan Siswa.” Dunamis : Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani Vol. 1, No. 2 (2017): 13–24.
Darius, Ricky Mallisa. “Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Emotional Inteligence Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Kristen Usia Dini Vol. 3, No. 1 (2022): 43–57.
Edi Purnama. “Implikasi Kebijaksanaan Yesus Bagi Guru Pendidikan Agama Kristen.” Pengarah: Jurnal Teologi Kristen Vol. 2, No. 1 (2020): 33–50.
Ester Berlian Haan dan Yonatan Alex Arifianto, “Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Tinjauan Alkitabiah Upaya Teladan Guru Masa Kini,” Shalom: Jurnal Teologi Kristen, Vol. 2, No. 1 (Juni 2022): 15–26
Ester Putri Setiyowati, Yonatan Alex Arifianto. “Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen.” SIKIP:Jurnal Pendidikan Agama Kristen Vol. 1, No. 2 (2020): 78–95.
Ezra Tari dan Rinto Hasiholan Hutapea, Peran Guru Dalam Pengembangan Peserta Didik Di Era Digital, KHARISMA: Jurnal Ilmiah Teologi, Vol. 1, No. 1 (Juni 2020): 1–14
Ezra Yani Sibuea. “Penanaman Nilai Dan Norma Kristiani Melalui Keteladalan Guru Terhadap Anak Didik.” SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen Vol. 3, No. 1 (2022): 32–42.
Fengky Luky Masengi. “Pendidikan Agama Kristen Dan Pertumbuhan Gereja (Studi Deskriptif Di Gereja Pantekosta Di Indonesia Jemaat Ekklesia).” Jurnal Pendidikan Agama Katekese Dan Pastoral (Lumen) Vol. 1, No. 1 (2022): 111–22.
Frans Wonatorei, Marciano Antaricksawan Waani. “Metode Penginjilan Yesus Kristus Menurut Injil Lukas.” KHARISMATA: Jurnal Teologi Pentakosta Vol. 3, No. 2 (2021): 148–62.
Frista Esterine Patodo, Resa Junias C. P. “Karakter Guru Sebagai Pembimbing Kerohanian Menurut Mazmur 25:1-22 Di Antara Siswa-Siswi SMP Kristen Bethel Sulung 3 Surabaya.” Inculco Journal of Christian Education Vol. 1, No. 2 (2021): 15–26.
Gabriela Adhielvra, Asih Susanti. “Peran Guru Kristen Sebagai Pemegang Otoritas Untuk Meningkatkan Disiplin Siswa Dalam Pembelajar.” Diligentia: Journal of Theology and Christian Education Vol. 2, No. 2 (2020): 102–12.
Indah Istapawati. “Keteladanan Guru Pendidikan Agama Kristen Yang Memiliki Karakter Kristus Terhadap Peserta Didik Di Sekolah.” Angelion Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Vol. 3, No. 1 (2022): 14–32.
Ipiana, Reni Triposa. “Kajian Teologis Terhadap Peran Guru Agama Kristen Sebagai Pembimbing Dalam Meningkatkan Karakter Peserta Didik.” Antusias: Jurnal Teologi Dan Pelayanan Vol. 6, No. 2 (2020).
Joko Prihanto, Duma Fitri Pakpahan, Doni Pranata Tarigan. “Peran Kode Etik Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen.” Journal of Industrial Engineering & Management Research Vol. 3, No. 3 (2022): 50–100.
Kristina Simamora, Wiyun Philipus Tangkin. “Guru Sebagai Fasilitator Dalam Pembelajaran Daring Ditinjau Dari Perspektif Kristen.” KAPATA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Vol. 2, No. 2 (2021): 151–65.
Lilis Ermindyawati. “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Perilaku Siswa-Siswi.” JURNAL FIDEI Vol.2 No.1 (2019): 2719–231.
Magdalena Grace K.Tindag. “Yesus: Sosok Guru Agung(Kompetensi Dan Profesionalitas Dasar Guru PAK.” Missio Ecclesiae Vol. 5, No. 1 (2016): 1–21.
Maria Lidya Wenas, Elsi Susanti Br Simamora, Maharin, Juni apri Candra, Rifka Priskila. “Nilai-Nilai Kristiani Bagi Kompetensi Kepribadian Guru.” Skenoo:Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Vol. 1, No. 1 (2021): 1–10.
Marselina T. Babang, Dwi Novita Sari dan Yonathan Y. Monimbar. “Strategi Guru PAK Dalam Menanggulangi Dekadensi Moral Di SMP Negeri Satap Langira.” SAGACITY Journal of Theology and Cristian Education Vol. 2, No. 1 (2021): 65–77.
Mustikawati, Natalia Panjaitan. “Pengaruh Kompetensi ProfesionalGuru Pendidikan Agama Kristen Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Kristen Siswa Kelas X MIA N11 Pekanbaru Tahun Ajaran 2018 – 2019.” Asteros Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Vol. 7, No. 1 (2019): 52–69.
Nasib Tua Lumban Gaol, Andrianus Nababan. “Kepemimpinan Guru Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Kelola Vol. 6, No. 1 (2019): 89–96.
Nelly*, Lican Gultom. “Menerapkan Keteladanan Yesus Sebagai Guru Berdasarkan Injil Lukas Bagi Guru SMA Kristen Adhi Wiyata Jember.” PEADA: Jurnal Pendidikan Kristen Vol. 1, No. 1 (2020): 59–71.
Nelly Nely, Femi Mariance Atonis. “Peran Guru Sebagai Orang Tua Rohani Berdasarkan Surat 1 &2 Timotius.” INSTITUTIO : Jurnal Pendidikan Agama Kristen Vol. 7, No (2021): 1–15.
Neni Viani; Yonatan Alex Arifianto. “Kompetensi Profesional Guru Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen.” Angelion : Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Vol. 3, No. 1 (2022): 1–13.
Pitaya Rahmadi, Dinda Putri Pancarania. “Peran Guru Dalam Membentuk Sikap Disiplin Siswa Kelas I Sekolah Dasar Melalui Penghargaan Dan Konsekuensi[The Role Of Teachers In Shaping The Discipline Attitudes Of Grade 1 Elementary School Students Through Rewards And Consequences].” JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education Vol. 4, No. 1 (2020): 80–101.
Relly Poluan, Heldy Rogahang, Ribka Munte dan Bryan Kaurouw, “Kreativitas Guru Pak Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19,” MAGENANG: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, Vol. 2, No. 1 (April 2021): 1–6.
Reni Triposa, Yonatan Alex Arifianto, Yudi Hendrilia. “Peran Guru PAK Sebagai Teladan Dalam Meningkatkan Kerohanian DanKarakter Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK) Vol. 1, No. 2 (2021): 50–100.
Rifai. “Refleksi Teologis Terhadap Tingkat Stress Guru Selama Pandemi Covid-19.” DUNAMIS: Jurnal Penelitian Teologi Dan Pendidikan Kristiani Vol. 5, No. 2 (2021): 44–57.
Rudolf Weindra Sagala, Jhoni Lagun siang. “Penggunaan Metode Simulasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen.” MAGENANG:Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Vol. 3, No. 2 (2022): 60–66.
Santia, Tarisih, Lionarto Erson Jayadi. “Meningkatkan Karakter Menghormati Orang Tua Lewat Pendidikan Agama Kristen Untuk Anak Usia Sekolah Dasar.” Didache: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Vol. 2, No. 2 (2021): 123–32.
Santy Sahartian. “Pemahaman Guru Pendidikan Agama Kristen Tentang II Timotius 3:10 Terhadap Peningkatan Kecerdasan Spiritual Anak Didik.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika Vol. 1, No. 2 (2018): 146–72.
Sriyati, Esen Hon Nakamnanu. “Peran Guru Dalam Menerapkan Pendidikan Agama Kristen Untuk Menumbuhkan Iman Kristen Anak Sejak Dini.” Shamayim: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani Vol. 1, No. 1 (2020): 14–28.
Sugiyono. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta, 2011.
Sulchan Yasyin. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Amanah, 1997.
Sunggul Simarangkir, Valentina Dwikuntari J. “Pendidikan Kristiani Berbasis Karakter Dan Relevansinya Bagi Sekolah Menengah Kejuruan Swasta Armajaya Sindagamanik.” REAL DIDACHE: Journal Cristian of Education Vol. 2, No. 1 (2022): 1–14.
Syani Bombongan Rante Salu. “Pemberlakuan Kurikulum Berbasis Nilai Dan Karakter Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa SMA Negeri Di Tana Toraja.” BIA:Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual Vol. 3, No. 2 (2020): 214–29.
Talizaro Tafonao. “Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Terhadap Perilaku Anak.” Edudikara: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Vol. 3, No. 2 (2018): 11–18.
Tjendanawangi Saputra, Serdianus. “Pelayanan Yesus Sebagai Teladan Kepemimpinan Transformatif Pendidikan Agama Kristen.” BONAFIDE: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Vol. 3, No. 2 (2022): 252–72.
Vernando Purba. “Pendidikan Karakter Guru Pendidikan Agama Kristen.” Asteros: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Vol. 7, No. 1 (2019): 39–51.
Yohanes Enci Patandean. “Pengajaran Tuhan Yesus Mengenai Berbahagia Dalam Matius 5:3-12.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat Vol. 2, No. 2 (2018): 115–34.
DOI: https://doi.org/10.53687/sjtpk.v6i2.324
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

SESAWI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.