MANDAT BUDAYA DALAM KEJADIAN 1:28 DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENGGUNAAN TEKNOLOGI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN

Dicky Welly Kansil

Abstract


Artikel ini membahas perspektif amanat budaya terhadap penggunaan teknologi dalam konteks pembelajaran Pendidikan Agama Kristen. Dalam menghadapi era digital, proses pengintegrasian teknologi dalam pendidikan agama Kristen menjadi semakin terkait untuk  memenuhi kebutuhan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk menggali pemahaman tentang  bagaimana amanat budaya agama Kristen dapat membentuk pandangan terhadap penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran. Dengan menggunakan  pendekatan kualitatif, penelitian ini melakukan analisis terhadap literatur dan studi Pustaka yang bertujuan  untuk  memaparkan bagaimana amanat budaya agama Kristen mempengaruhi sikap dan pandangan terhadap integrasi teknologi dalam pembelajaran agama. Hasil penelitian menyatakan bahwa pandangan amanat budaya memberikan dasar yang kokoh dalam  penggunaan teknologi dalam pembelajaran yang sesuai dengan prinsip-prinsip agama Kristen. Penemuan ini memberikan sumbangan pada pandangan tentang bagaimana mengintegrasikan teknologi secara bertanggung jawab dan signifikan  dalam pembelajaran pendidikan agama Kristen, sekaligus memahami pengaruh positif dan problema  yang mungkin timbul. Artikel ini berusaha untuk menggali pemikiran  baru terkait keseimbangan antara nilai-nilai keagamaan dan kemajuan teknologi dalam konteks pembelajaran pendidikan agama Kristen.

Full Text:

PDF

References


______________, The Steinsaltz Humash Commentary by Rabbi Adin Even Israel Steinsaltz, Jerusalem: Korean Publisher, 2018

______________, The Wycliffe Bible Commentary Tafsiran Alkitab Wycliffe volume 1, Malang : Gandum Mas, 2014

Assidiqi, MH and W Sumarni. "Pemanfaatan Platform Digital Di Masa Pandemi Covid-19," Prosiding Seminar Nasional... (2020): 298-303.

Az ,Lukman Santoso, Para Penggerak Revolusi, Yogyakarta: Laksana, 2017

Benyamin, Priskila Issak, Ucok P. Sinaga, Febie Yolla Gracia, “Penggunaan "Platform" Digital Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Era Disrupsi,” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, Volume 6 No. 1 (2021):

Boiliu, Fredik Melkias, Yasrid Prayogo Kurniawan dan Sari Handayani, “Melintasi Batas Tradisional: Integrasi Teknologi dalam Pendidikan Agama Kristen,” Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan Agama dan Filsafat, Volume 1, No. 1 (Juni 2024): 56-73 https://prosiding.aripafi.or.id/index.php/PROSEMNASIPAF

Boiliu, Noh, Ibrahim and Saniogo Dakhi, Menjadi Manusia Otentik, Jakarta: Hegel Pustaka, 2018

Gunawan, Helmy Dadang dan Immanuel Yosua Tjiptosoewarno, “Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran PAK Pasca Pandemi,” Filadelfia: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen, http://sttimanuel/pacet.ac.id/e-journal/index.php/filadelfia/index

Hall, A.R, “Art Technology,” Encyclopedia Americana, Vol. 26, New York: American Cooporation, 1972

Heluka, Yeskiel, Rasinus dan Edie Rante Tasak, “Implementasi Penggunaan Teknologi Informasi bagi Guru PAK dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SMP Kristen Biji Sesawi Indonesia”, ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, Vol. 2, No. 3, (Agustus 2022): 128-137

Henry, Matthew, Tafsiran Kitab Kejadian, Surabaya : Momentum, 2014

Hofefecker, Andrew, Revolusi - Revolusi dalam wawasan dunia memahami arus pemikiran barat, Surabaya : Momentum, 2017

Kakauhe, Phanny Tandy, “Teknologi Dan Tanggung Jawab Orang Kristen,” Missio Ecclesiae, 2(1), April 2013

Kamarga, Harry, Belajar Sejarah melalui E-learning: Alternatif Mengakses Sumber Informasi Kesejarahan, Jakarta: Inti Media 2022

Lumintang, Stevri Indra & Danik Astuti Lumintang, Theologia Penelitian dan Penelitian Theologis: Science-Ascience serta Metodologinya, Jakarta: Geneva Insani Indonesia, 2016

Pasang, Agustina “Ekologi Penciptaan dalam Kejadian 3 sebagai Landasan Evaluasi Kritis terhadap Perilaku Ekologis Para Teolog Reformed Indonesia Masa Kini,” Exelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi dan Pendidikan, Vol. 3, No. 2 (Januari-Juni 2019): 67-76 https://sttexelsius.ac.id

Prasetyo, Banu and Umi Trisyanti, "Revolusi Industri 4.0 Dan Tantangan Perubahan Sosial IPTEK." Journal of Proceedings Series Vol.5 No.1 (2018): 22–27.

Priansa, Donni Juna, Pengembangan Strategi & Model pembelajaran, Bandung: Pustaka Setia, 2017

Rantung, Djoys Anneke, Fredik Melkias Boiliu, “Teknologi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen yang Antisipatif di Era Revolusi Indusri 4.0,” Jurnal Shaman (2020):

Ready, Algu and Rumyeni, "Penggunaan Media Online Sebagai Sumber Informasi." Пти Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Riau. Vol 3, no. 1 (2016):

Rungkat, Nova Jelly, Noh Ibrahim Boiliu, Djoys Aneke Rantung, Pricylia Elvira Rondo “Hubungan Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dengan Teknologi Pendidikan,” TE DEUM: Jurnal Teologi dan Pengembangan Pelayanan, Volume 11, Nomor 2 (Juni 2022): 279-297 http://ojs.sttsappi.ac.id/index.php/tedeum/index

Rusman, Model-model Pembelajaran, Depok : Raja Grafindo Persada, 2018

Sadikin, Vivian, Yohanes Hasiholan Tampubolon, “Mandat Budaya dalam Wawasan Dunia Kristen: Suatu Kritik terhadap Dualisme,” Jurnal Manna Rafflesia (2023).

Schreiner, Thomas R, A Biblical Theology of the old and New Testaments, Yogyakarta : PBMR Andi, 2022

Setiawati, Devi Wahyu, Fredik Melkias Boiliu, Kaleb Samalinggai, "Peran Pendidikan Agama Kristen Di Era Digital Sebagai Upaya Mengatasi Penggunaan Gadget Yang Berlebihan Pada Anak Dalam Keluarga Di Era Disrupsi 4.0," Jurnal DIDACGE Vol 1, No. 1 (2020): 25-8.

Simanjuntak, Junihot, Ilmu Belajar dan Didaktika Pendidikan Agama Kristen, Yogyakarta : Penerbit Andi, 2017

Sipahutar, Evianti Kristiani dan Ordekoria Saragih, “Optimalisasi Penggunaan Teknologi Digital dalam Pembelajaran PAK di Era Modern,” Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, Vol. 4, No. 1 (Januari, 2025): 680-691, https://publisherqu.com/index.php/pediaqu

Tobeli, Evi and Zefiana F. Zelda, “Pemahaman Remaja Kristen Dalam Menghadapi Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)” Penabiblos Vol.5 No.1 (April 2017): 76-77,




DOI: https://doi.org/10.53687/sjtpk.v6i2.336

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
SESAWI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial Address: