STUDI EKSPLANATORI DAN KONFIRMATORI TENTANG MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING BERDASARKAN KEJADIAN 26:1-35 DI KALANGAN MURID SOM GEREJA BETHANY SE-KOTA SURABAYA
Abstract
Model pembelajaran problem solving adalah suatu perencanaan atau suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas agar peserta didik memiliki pola umum perilaku pembelajaran, peserta didik terbiasa berpikir kritis, memiliki pola pikir divergen, terlatih merefleksikan persepsinya dan dapat mencapai kompetensi atau tujuan pembelajaran yang diharapkan.
Metode penelitian yang digunakan dalam karya ilmiah ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat eksplanatori-konfirmatori, dimana dalam penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis yang menyatakan hubungan dimensi. Pengumpulan data menggunakan angket likert. Dan pada perhitungan angket menggunakan program SPSS 19. Dari hasil perhitungan statistik diperoleh nilai range sebesar 108, karena peneliti menetapkan klas interval sebanyak tiga, maka jumlah range dibagi tiga(106:3=) yaitu 36 dan dimulai nilai minimum sampai dengan batas nilai maksimum.
Untuk mengetahui kecenderungan implementasi model pembelajaran problem solving berdasarkan Kejadian 26:1-35. Hasil yang ditemukan adalah model pembelajaran problem solving adalah suatu pendekatan model pembelajaran yang melibatkan peserta didik secara aktif dengan menyajikan berbagai masalah yang merangsang berpikir dan menggunakan wawasan untuk mencari jalan keluar dari suatu kesulitan, dengan prinsip-prinsip dalam Kejadian 26:1-35.
Full Text:
PDFReferences
A Anditha Sari. Komunikasi Antar Pribadi. 1st ed. Yogyakarta: Deepublish, 2017.
Abraham Alex Tanuseputra. Kesembuhan Ilahi Dan Berkat. 1st ed. Surabaya: House of Blessing, 2009.
Andreas Subagyo. Pengantar Riset Kuantitatif Dan Kualitatif. 1st ed. Bandung: Kalam Hidup, 2004.
Cecil Sherman. Cecil Sherman Formations Commentary Vol. I. 1st ed. Macon: Smyth & Helwys Publishing, 2006.
George W Coats. Genesis: With An Introduction To Narrative Literature. 1st ed. Grand Rapids, Michigan: William B, Eerdmans Publishing Company, 1983.
———. Genesis With An Introduction To Narrative Literature. 1st ed. Grand Rapids, Michigan: William B, Eerdmans Publishing Company, 1983.
H.N Ridderbos. Studies in Scripture and Its Authority. 1st ed. St. Catharines: Paideia Press, 1978.
Hariono Sumarsono. Hidup Berkelimpahan. 1st ed. Bandung: Kalam Hidup, 2004.
Jack Hayford. Examining Excellence in The Creator’s Ways: A Study in The Book of Genesis. 1st ed. Nashville: Thomas Nelson, 1997.
John Maxwell. Mengembangkan Kepemimpinan Di Dalam Diri Anda. 1st ed. Jakarta: Binarupa Aksara, 1995.
Jonathan A Trisna. Mengatasi Masalah Hidup. 1st ed. Bandung: Kalam Hidup, 1998.
———. Mengatasi Masalah Hidup. 1st ed. Bandung: Kalam Hidup, 1998.
Kenneth E Hagin. Rahasia Hidup Berkelimpahan. 1st ed. Jakarta: Metanoia, 1996.
Mark Water. The Book of Genesis Made Easy. 1st ed. Hampshire: John Hunt Publishers Ltd, 2000.
Mc Gee. Thru The Bible Commentary: The Law (Genesis 16-33). 1st ed. Nashville: Thomas Nelson, 1991.
Pangesti Wiedarti. Menuju Budaya Menulis: Suatu Bunga Rampai. 1st ed. Yogyakarta: Tiara Wacana, 2005.
Robert Smith. Studies in Genesis. 1st ed. Oak Harbor: Derdick Publishing, 1997.
Roy Gingrich. The Book of Genesis. 1st ed. Memphis: Riverside Printing, 1998.
———. The Book of Genesis. 1st ed. Memphis: Riverside Printing, 1998.
Rusman. Model-Model Pembelajaran. 5th ed. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2012.
———. Model-Model Pembelajaran. 5th ed. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada, 2012.
Slameto. Belajar Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. 1st ed. Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
Stuart Briscoe. The Preacher’s Commentary Series: Volume I. 1st ed. Nashville, Tennessee: Thomas Nelson, 1987.
———. The Preacher’s Commentary Series Volume I. 1st ed. Nashville, Tennessee: Thomas Nelson, 1987.
Suwana. Pengajaran Mikro. 1st ed. Yogyakarta: Tiara Wacana, 2005.
Walter Brueggemann. Genesis: A Bible Commentary for Teaching and Preaching. 1st ed. Atlanta: John Knox Press, 1982.
———. Genesis: A Bible Commentary for Teaching and Preaching. 1st ed. Atlanta: John Knox Press, 1982.
Wina Sanjaya. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. 1st ed. Jakarta: Kencana, 2008.
Winastwan Gora dan Sunarto. Pakematik: Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK. 1st ed. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2010.
DOI: https://doi.org/10.53687/sjtpk.v3i1.62
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
SESAWI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.