PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN SEBAGAI STRATEGI MENUMBUHKAN IMAN ANAK DIDIK MELALUI PERAN GURU YANG PARIPURNA DIMASA PANDEMI COVID 19
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji mengenai peranan Pendidikan Agama Kristen sebagai strategi untuk menumbuhkan iman anak didik melalui peran guru yang paripurna di masa Pandemi COVID 19. Metode penelitian yang dipakai yaitu metode penelitian kualitatif. Proses analisa yang di gunakan penulis yaitu menggunakan Alkitab selaku sumber utama serta juga beberapa sumber literatur yang aktual dan bisa di percaya yang berhubungan dengan judul dalam artikel ini sehingga menghasilkan suatu kajian yang dapat dipertanggungjawabkan dengan menggunakan beberapa tahapan penelitian, antara lain deskripsi maupun tahap orientasi, tahap reduksi, serta tahap seleksi Hasil penelitian antara lain peran guru yang paripurna di masa Pandemi COVID 19 antara lain : Guru Sebagai Pendidik. Guru wajib mempunyai standar kualitas pribadi yang meliputi tanggung jawab wibawa, mandiri serta disiplin. Guru agama PAK yang memahami Ilmu Teknologi, Kemampuan mengikuti perkembangan Ilmu Teknologi merupakan hal yang pokok dipunyai seorang guru agama PAK, sehingga anak didik merasa senang mengikuti mata pelajarannya.Guru Agama dan Orangtua Anak didik. Sebagai guru yang peduli kepada anak didiknya, guru agama akan membuka komunikasi juga dengan orangtua anak didiknya, agar guru agama mengetahui keadaan mereka dan akan mempermudah komunikasi dan pendidikan kepada anak didiknya.
Full Text:
PDFReferences
Diane, Priscillia, Joy Joseph, and Fredik Melkias Boiliu. “EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Penggunaan Teknologi Pada Anak” 3, no. 4 (2021): 2037–2045.
Hutagalung, S. “Tiga Dimensi Dasar Relasi Manusia Dalam Kehidupan Sosial.” Jurnal Koinonia 10, no. 2 (2015): 81–91.
Hutagalung, Stimson, and Rolyana Ferinia. “Pengaruh Dekadensi Moral Terhadap Pendidikan Karakter Dan Bimbingan Konseling Pada Siswa Kristen.” Kurios 7, no. 1 (2021): 178.
Intarti, Esther Rela, and M Th. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Motivator.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 2 (2016): 28–40.
Karnawati, Karnawati, and Mardiharto Mardiharto. “Sekolah Minggu Masa Pandemi Covid 19: Kendala, Solusi, Proyeksi.” Didache: Journal of Christian Education 1, no. 1 (2020): 13.
Kementerian Agama Republik Indonesia. “Ketentuan Kegiatan Di Rumah Ibadah Pada PPKM 10 - 16 Agustus 2021.” Kemenag RI. Last modified 2021. https://kemenag.go.id/read/ketentuan-kegiatan-di-rumah-ibadah-pada-ppkm-10-16-agustus-2021-gmn9k.
Kreider, Eugene. “Faith Development in Educational Ministry with Children.” World XV, no. 1 (1995).
Lane, Tony P. “7 Essentials for Growing Kids’ Faith.” Childrensministry. Last modified 2021. https://childrensministry.com/faith-to-grow-on/.
Mambo, Alice W. “Understanding Developmental Characteristics of a Child in Christian Faith among Sunday-School Children in Kenya.” IRA International Journal of Education and Multidisciplinary Studies 14, no. 3 (2019): 54.
Van Niekerk, Marsulize, and Gert Breed. “The Role of Parents in the Development of Faith from Birth to Seven Years of Age.” HTS Teologiese Studies / Theological Studies 74, no. 2 (2018): 1–11.
Paris, Jennifer, Antoinette Ricardo, and Dawn Rymond. Child Growth and Development. The American Catholic Sociological Review. Vol. 11. California: California Community Colleges, Chancellor’s Office., 2019.
Sandy, Dimas, Himawan Sogen, Antonius Denny Firmanto, and Ninik Wijayati Aluwesia. “Perkembangan Iman Rasul Cilik Pada Masa Pandemi Covid-19 Paroki Santa Perawan Maria Dari Gunung Karmel Ijen Malang” (n.d.): 11–24.
Setiyowati, Ester Putri, and Yonatan Alex Arifianto. “Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen.” SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 2 (2020): 78–95.
Sitepu, Elisabet, Thomas P Tarigan, and Desy N Simatupang. “(38,18 < 113,14) Dan Data Normalitas Hasil Belajar PAK Berdistribusi Normal Dengan Hasil Perhitungan Diperoleh X” 1 (2019): 23–27.
Sugiyono. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif Dan R&D.” 80. Bandung: Alfabeta, 2016.
Tafonao, Talizaro. “Peran Pengajaran Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Sangat Penting Untuk Diajarkan Kepada Anak-Anak, Baik Dalam Keluarga, Sekolah, Di Tempat Ibadah Dan Masyarakat, Agar Kelak Anak-Anak Dapat Menghadapi Setiap Problem Secara Kognitif, Afektif Dan Psik.” Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 3, no. 2 (2018): 125.
Telaumbanua, Arozatulo. “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa.” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 1, no. 2 (2018): 219–231.
Tjandra, Daniel S. “Impelementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Abad 21.” SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 1 (2020): 1–10.
DOI: https://doi.org/10.53687/sjtpk.v3i1.67
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
SESAWI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.