PENERAPAN METODE COACHING UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN

Minggus Minggus

Abstract


Kualitas pembelajaran sangat dipengaruhi oleh kompetensi guru/dosen sebagai pendidik. Kualitas pembelajaran yang baik akan memberi dampak positif bagi proses belajar anak.  Penting bagi setiap pendidik untuk menjaga dan meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas, tidak terkecuali bagi para guru/dosen Pendidikan Agama Kristen.   Salah satu yang dapat dilakukan adalah supervisi pendidikan melalui pendekatan coaching.  Pendekatan yang dipakai dalam tulisan ini adalah riset kepustakaan sebagai langkah awal untuk mengumpulkan jawaban secara pustaka dari persoalan yang sedang diteliti. Hasil riset pustaka menunjukkan  bahwa pendekatan coaching yang dilakukan secara tepat dan berkelanjutan dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru/dosen Pendidikan Agama Kristen.

 

Kata Kunci:  PAK, Metode Coaching, Kompetensi Pedagogik


Full Text:

PDF

References


Anwar, Muhammad. 2018. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Prenadamedia.

Barclay, William. “Bible Commentaries, William Barclay's Daily Study Bible”. Studylight.org, diunduh 3 September 2020, 1 Corinthians 1, https:// www.studylight.org/ commentaries/dsb/1-corinthians-1.html

Brown, Gordon B. 2017. Menuntun Para Guru Mencapai Keunggulan. Supervisi Pengajaran di Sekolah Kristen. Surabaya: ACSII

Black, Ellen Lowrie. 2012. “Guru”, Dasar-Dasar Pendidikan Kristen. Surabaya: ACSII.

Daryanto dan Tutik Rachmawati. 2015. Supervisi Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

D’Souza, Anthony. 2009. Ennoble, Enable, Empower. Kepemimpian Yesus Sang Almasih. Jakarta: Gramedia.

Glickman, Carl D., “The Development Approach to Supervision. The Supervisors Should Recognize Stages of Profesional Development and Treat Teachers as Individuals”, Educational Leadership, November 1980.

Glickman, Carl D. and Stephen Gordon, “Clarifying Development. Supervisors Should Match Their Assistance to Teacher Conceptual Levels”, Educational Leadership, May 1987

Glickman, Carl D. 2002. Leadership for Learning. How to Help Teachers Succeed. Virginia: ASCD.

Henry, Matthew, Matthew Henry's Commentary – Verses 10–13, BibleGateway, diunduh 1 September 2020, https://www.biblegateway.com/ resources/matthew-henry/1Cor.1.10-1Cor.1.13.

International Coaching Community, “What is Coaching?”, ICC, diunduh 3 September 2020, https://internationalcoachingcommunity.com/what-is-coaching/

Kaswan. 2012. Coaching dan Mentoring untuk Pengembangan SDM dan Peningkatan Organisasi (Bandung: Alfabeta, 2012),

Kemendikbud. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, diunduh 17 Agustus 2000, http://simkeu.kemdikbud.go.id/ index.php/peraturan1/8-uu-undang-undang/12-uu-no-20-tahun-2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional.

Kemendikbud. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen, Bab II Pasal VI, diunduh 17 Agustus 2020, https://jdih.kemenkeu.go.id/ fulltext/2005/ 14TAHUN2005UU.htm.

Kemendikbud, “Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah”, diunduh 19 Agustus 2020, https://www.kemdikbud.go.id/main/ blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah.

Lie,Tan Giok. 2013. “Tantangan Pendidikan dan Pengajaran Kristen Masa Kini Di Ranah Formal”. STULOS. Jurnal Teologi. Bandung: STT Bandung.

Pauzil dan Ibrahim Saleh, Makalah Bimbingan Konseling, diunduh 3 September 2020, https://makalahpausil.wordpress.com/2013/12/09/problematika-peserta-didik/

Pianda, Didi. 2018. Kinerja Guru. Sukabumi: CV Jejak.

Pramudianto. 2019. Jesus As a Coach. Yogyakarta: PBMR ANDI.

Pramudianto. 2020. Teacher as a Coach. Parent as a Coach. Jakarta: Gramedia.

Ratumanan, T.G. 2015. Inovasi Pembelajaran. Mengembangkan Kompetensi Peserta Didik Secara Optimal. Yogyakarta: Ombak.

Sahertian, Piet A. Sahertian. 2014. Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan Jakarta: Rineka Cipta.

Winaryati, Eny. 2014. Evaluasi Supervisi Pembelajaran. Yogyakarta: Grha Ilmu.

Wolterstoff, Nicholas P. 2010. Mendidik untuk Kehidupan. Surabaya: Momentum.




DOI: https://doi.org/10.53687/sjtpk.v4i2.128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
SESAWI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial Address: