TRANSFORMASI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN SEBAGAI ANTISIPASI DALAM MEMPERSIAPKAN ANAK MENGHADAPI DAMPAK TEKNOLOGI
Abstract
Teknologi adalah bentuk perpanjangan tangan manusia yang memanfaatkan segala sesuatu disekitarnya untuk dipergunakan secara maksimal dan tepat sasaran. Teknologi di tengah-tengah kehidupan manusia memberikan pengaruh dan dampak yang begitu besar. Kehadiran teknologi dalam dunia pendidikan agama Kristen memberikan perubahan dalam pelaksanaan pendidikan agama Kristen di sekolah, keluarga dan gereja masa kini. Tulisan ini, menggunakan pendekatan kualitatif kajian pustaka dengan metode deskriptif dengan tujuan mendapatkan sumber yang berhubungan dengan penelitian. Hasil penelitian penulis menemukan bahwa kemajuan teknologi tidak bisa dibendung dan ditolak namun untuk menghindari dampak negative teknologi tersebut, pendidikan Kristen harus mampu mengikuti perubahan namun tetap pada hakikatnya sebagai wadah bagi setiap orang percaya agar mengalami pengenalan akan Tuhan. Penggunaan media teknologi harus sejalan dengan pemahaman nilai-nilai Kristen yang bermuara pada pembentukkan tingkah anak mudah sebagai pengikut Kristus, namun tetap mengikuti perkembangan yang ada dan memanfaatkannya untuk dalam menunjang kehidupannya
Full Text:
PDFReferences
Afandi, Yahya. “Gereja Dan Pengaruh Teknologi Informasi ‘Digital Ecclesiology.’” FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 1, no. 2 (2018): 270–283.
Arifianto, Yonatan Alex. “Pentingnya Pendidikan Kristen Dalam Membangun Kerohanian Keluarga Di Masa Pandemi Covid-19.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 5, no. 2 (2020): 94–106. http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/article/view/52.
Boehlke, Robert R. Sejarah Perkembangan Pikiran Dan Praktek Pendidikan Agama Kristen : Dari Plato Sampai Ignatius Loyola. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia, 2006.
Boehlke, Robert R. Sejarah Perkembangan Pikiran & Praktek Pendidikan Agama Kristen. jakarta: BPK Gunung Mulia, 2015.
Boiliu, Fredik Melkias, and Universitas Kristen Indonesia. “Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Dalam Keluarga Di Era Digital.” Te Deum: Jurna Teologi dan Pengembangan Pelayanan 10, no. Desember (2020): 107–119.
Bu’ulolo, Wijaya Taslim. “Penerapan Pendidikan Agama Kristen (PAK) Di Era Digital.” STT BNKP SUNDERMAN, 2020.
Citra, Yulia, Lenda Dabora J F Sagala, and S T T Simpson. “Penginjilan Dan Pendidikan Agama Kristen Dalam Masyarakat Majemuk.” Seminar Nasional Pendidikan Agama Kristen dan Call For Papers, no. April (2016): 80–85.
Debora, Kiki, and Chandra Han. “Pentingnya Peranan Guru Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa Dalam Pendidikan Kristen: Sebuah Kajian Etika Kristen.” Diligentia: Journal of Theology and Christian Education 2, no. 1 (2020): 1–14.
Diana, Ruat. “Prinsip Teologi Kristen Pendidikan Orang Tua Terhadap Anak Di Era Revolusi Industri 4.0.” BIA’: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual 2, no. 1 (2019): 27–39.
Diane, Priscillia, Joy Joseph, and Fredik Melkias Boiliu. “EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Peran Pendidikan Agama Kristen Dalam Penggunaan Teknologi Pada Anak” 3, no. 4 (2021): 2037–2045.
Dkk, Rusman. Pembelajaran BerbasisTeknologi Informasi Dan Komunikasi. IV. Jakarta: Grfindo Persada, 2013.
Harmadi, Mariani, and Agung Jatmiko. “Pembelajaran Efektif Pendidikan Agama Kristen Generasi Milenial.” PASCA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 16, no. 1 (2020): 62–74.
Jamun, Yohannes Marryono. “Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio 10, no. 1 (2018): 48–52.
Panggabean, Justice Zeni Zari. “Pendekatan Praksis-Teologis Dalam Fondasi Pendidikan Kristiani.” Kurios 4, no. 2 (2018): 167.
Ramadhani, Niko. “Ini Dampak Perkembangan Teknologi Yang Dapat Dirasakan.” Akseleran.Co.Id. Last modified 2020. Accessed April 4, 2023. https://www.akseleran.co.id/blog/perkembangan-teknologi/.
Rantung, Djoys Anneke, and Fredik Melkias Boilliu. “Teknologi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Yang Antisipatif Di Era Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Shanan 4 (2020): 93–107.
Ritonga, Nova. “Teologi Sebagai Landasan Bagi Gereja Dalam Mengembangkan Pendidikan Agama Kristen.” Jurna Shanan (2020): 21–40.
Rumahorbo, Benget. “PERANAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM PEMBENTUKAN SPIRITUALITAS MAHASISWA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0.” Majalah Ilmiah METHODA 13 (2019).
S., Vivian Andriani. “Pola Pendidikan Kristen Dalam Keluarga.” Berita Telaga. Last modified 2012. Accessed April 4, 2023. https://www.telaga.org/berita_telaga/pola_pendidikan_anak_dalam_keluarga_kristen.
Sitoru Merinda, Dkk. “Kajian Perkembangan Terkembangan Teknologi Berdasarkan Pendidikan Agama Kristen.” Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 7, no. 1 (2021): 27–28.
Sundoro, Tunawidjaja. Melaksanakan Amanat Agung Di Abad 21. Unggaran: Sekolah Tinggi Teologi SImpson, 2017.
Tanikule, Yisai. “Pendidikan Anak Keluarga Kristen Di Tengah Transformasi Dan Era Globalisa.” Veritas Lux Mea 3, no. 2 (2021): 194–203.
Tari, Ezra, and Talizaro Tafonao. “Pendidikan Anak Dalam Keluarga Berdasarkan Kolose 3 : 21.” KURIOS (Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen) 5, no. 1 (2019): 24–35.
Telaumbanua, A H N. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Pendidikan Karakter.” INSTITUTIO: Jurna Pendidikan Agama Kristen 6, no. 2 (2020).
Wahyudin. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan.” Pre-print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung 6, no. 1 (2017): 1–6.
DOI: https://doi.org/10.53687/sjtpk.v4i2.145
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
SESAWI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.