PENDEKATAN KREATIF YESUS DALAM MENGAJAR DAN MEMBANGUN RELASI MELALUI DIALOG DAN PERTANYAAN BERDASARKAN MARKUS 12:13-17

Filmon Berek

Abstract


Penelitian ini membahas pendekatan kreatif Yesus dalam mengajar dan membangun relasi melalui dialog dan pertanyaan berdasarkan Markus 12:13-17. Perikop ini mencatat interaksi Yesus dengan orang Farisi dan Herodian yang berusaha menjerat-Nya melalui pertanyaan tentang pajak kepada Kaisar. Yesus merespons dengan bijak melalui dialog dan pertanyaan balik, yang tidak hanya menghindari jebakan, tetapi juga menyampaikan pengajaran penting. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis metode Yesus dalam menggunakan pertanyaan sebagai alat pengajaran serta melihat bagaimana cara ini membangun relasi efektif dengan audiens-Nya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif-analitis dan analisis naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan dialogis dan pertanyaan balik yang digunakan Yesus efektif dalam membangun relasi, menghindari konflik, dan menyampaikan pesan dengan jelas. Metode ini relevan bagi pengajaran modern dalam mengembangkan komunikasi yang interaktif dan efektif.

Full Text:

PDF

References


Anderson. The Art of Teaching in the Gospels. 1st ed. New York: Grand Rapids: Baker Academic, 2011.

Bailey, Kenneth E. Jesus Through Middle Eastern Eyes: Cultural Studies in the Gospels. 1st ed. New York: Downers Grove: IVP Academic, 2008.

Blomberg, Craig L. From Pentecost to Patmos: An Introduction to Acts through Revelation. 1st ed. USA: Nashville: B&H Publishing Group, 2006.

Brown, Raymond E. An Introduction to the New Testament. 1st ed. New Haven: Yale University Press, 2016.

Chilton, Bruce. Rabbi Jesus. 1st ed. New York: Doubleday, 2002.

Cunnington. New Testament Dialogue. 1st ed. New York: Oxford University Press, 2019.

Dunn, James D. G. Jesus Remembered. 1st ed. New York: Grand Rapids: Eerdmans, 2003.

Duyverman, Drs. M. E. Pembimbing Ke Dalam Perjanjian Baru. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1966.

Estes, Douglas. The Questions of Jesus in John: Logic, Rhetoric, and Persuasive Discourse. 1st ed. Leiden: Brill, 2013.

Evans, Craig. Mark 8:27-16:20. 1st ed. Dallas: Word Books, 2001.

Fitriyani, Yani, Nana Supriatna, and Mia Zultrianti Sari. “Pengembangan Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Kreatif Pada Mata Pelajaran IPS Di Sekolah Dasar.” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran 7, no. 1 (March 3, 2021): 97. https://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/view/3462.

France, R.T. The Gospel of Mark: A Commentary on the Greek Text. 1st ed. New York: Grand Rapids, MI: Eerdmans, 2002.

Harris, Stephen L. The New Testament: A Historical Introduction to the Early Christian Writings. 1st ed. New York: McGraw-Hill, 2002.

Hudianto, Swandriyani, Kalis Stevanus, and Tan Lie-Lie. “MENGAJAR SECARA PROFESIONAL DISERTAI OTORITAS ILAHI DENGAN BERCERMIN PADA YESUS DAN IMPLEMENTASINYA BAGI GURU PAK MASA KINI.” BONAFIDE: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 4, no. 2 (December 27, 2023): 275–294. http://jurnal.sttissiau.ac.id/index.php/jbs/article/view/139.

Lane, William L. The Gospel According to Mark. 1st ed. New York: Grand Rapids: Eerdmans, 2017.

Lane, William L. The Gospel of Mark: The New International Commentary on the New Testament. 1st ed. New York: Grand Rapids: Eerdmans, 2017.

Legi, Hendrik. “Implikasi Metode Mengajar Bagi Guru Pendidikan Agama Kristen.” DIDASKO: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, no. 1 (April 22, 2021): 12–24. http://e-journal.stakdiaspora.ac.id/index.php/didasko/article/view/12.

Malina, Bruce J. Social-Science Commentary on the Synoptic Gospels. 1st ed. Minneapolis: Fortress Press, 2003.

Mansilati, Azfi. Metodologi Penelitian Kualitatif : Paradigma, Metode Dan Aplikasi. 1st ed. Malang: Prees, 2017.

Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. 2nd ed. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2015.

Myers, Ched. Binding the Strong Man: A Political Reading of Mark’s Story of Jesus. 1st ed. Maryknoll: Orbis Books, 2008.

Rev. Ola Tuluan. Intoduksi Perjanjian Baru. Malang: Literatur Yayasan Persekutuan Pekabaran Injil Indonesi (YPPII), 1999.

Tenney, Merril C. Survey Perjanjian Baru. Malang: Gandum Mas, 2013.

Tuju, Serva. “Metode Mengajar Yesus Menurut Injil Markus.” LOGON ZOES: Jurnal Teologi, Sosial dan Budaya 4, no. 1 (February 16, 2021): 23–34. https://e-journal.stteriksontritt.ac.id/index.php/logon/article/view/26.

Wright, N.T. Jesus and the Victory of God. 1st ed. Minneapolis: Fortress Press, 2016.




DOI: https://doi.org/10.53687/sjtpk.v6i1.289

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
SESAWI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial Address: