FUNGSI GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK DI SEKOLAH KRISTEN
Abstract
Tujuan penulisan ini adalah memaparkan fungsi sekolah Kristen sebagai sarana tempat mendidik siswa untuk memiliki karakter yang baik dalam kehidupan sehari-hari dimanapun berada.Pada zaman modern ini beberapa orang tidak memiliki karakter yang baik, untuk itu sejak masa kanak-anak adalah pilihan yang tepat mendidik mereka agar memiliki karakter yang baik. Sekolah Kristen adalah pilihan yang tepat untuk mendapatkan Pendidikan karakter dikarena berdasarkan kebenaran Firman Tuhan dan dididik oleh guru yang berdedikasi dalam pelayanan dan seorang yang takut akan Tuhan. Metode penulisan ini mengunakan metode kualitatif dengan menggunakan daftar Pustaka buku-buku dan jurnal nasional dan setelah menganalisa data-data tersebut penulis menjelaskannya dalam hasil pembahasan dan kesimpulan. Melalui tulisan ini diharapkan setiap orang tua mempercayakan anaknya dididik di sekolah Kristen agar mereka memiliki pengetahuan yang baik dan karakter yang baik dalam kehidupan kesehariannya pada saat ini dan di masa yang akan datang.
Full Text:
PDFReferences
Fadillah. “Kejujuran Salah Satu Pendongkrak Pendidikan Karakter Di Sekolah.” Jurnal Visi Ilmu Pendidikan 9, no. 3 (November 20, 2012). Accessed September 8, 2021. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jvip/article/view/432.
Aw, Suranto. “NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER YANG TERKANDUNG DALAM TAYANGAN ”MARIO TEGUH GOLDEN WAYS”.” Jurnal Pendidikan Karakter 6, no. 2 (December 14, 2016). Accessed September 7, 2021. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/12048.
Debora, Kiki, and Chandra Han. “Pentingnya Peranan Guru Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa Dalam Pendidikan Kristen: Sebuah Kajian Etika Kristen [The Significance of the Role of Christian Teachers in Building Students’ Character in Christian Education: A Study of Christian Ethics].” Diligentia: Journal of Theology and Christian Education 2, no. 1 (January 31, 2020): 1–14. Accessed September 8, 2021. https://ojs.uph.edu/index.php/DIL/article/view/2212.
Ellen G. White. Kesaksian Bagi Sidang. Bandung: Indonesia Publishing House, 2005.
———. Pendidikan Sejati. Bandung: Indonesia Publishing House, 2005.
Ellen G.White. Membina Anak Yang Bertanggung Jawab. Bandung: Indonesia Publishing House, 2005.
Faradiba, Andi Tenri, and Lucia R.M. Royanto. “Karakter Disiplin, Penghargaan, Dan Tanggung Jawab Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler.” Jurnal Sains Psikologi 7, no. 1 (April 30, 2018): 93–98. Accessed September 7, 2021. http://journal2.um.ac.id/index.php/JSPsi/article/view/2928.
Hasugian, Syalam Hendky, and Johanes Waldes Hasugian. “Spiritualitas Pendidik Kristen Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik.” REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 6, no. 1 (March 13, 2021): 24–31. Accessed September 10, 2021. http://christianeducation.id/e-journal/index.php/regulafidei/article/view/70.
Herawati, Kristina. “Pentingnya Pendidikan Agama Kristen (PAK) Bagi Etiket Pergaulan Anak.” SCRIPTA: Jurnal Teologi dan Pelayanan Kontekstual 2, no. 2 (November 28, 2016): 56–67. Accessed August 26, 2021. https://ejournal.stte.ac.id/index.php/scripta/article/view/20.
HESKETT, JOHN M. “THEOLOGICAL, EDUCATIONAL AND SOCIOLOGICAL FOUNDATIONS OF CHRISTIAN EDUCATION: THE DEVELOPMENT AND IMPLEMENTATION OF A 12-STANDARDS MODEL FOR EVALUATING AND MODELING ADULT BIBLE STUDIES THAT UTILIZE CONTEMPORARY VISUAL MEDIA.” SOUTH AFRICAN THEOLOGICAL SEMINARY, 2009. https://www.pdfdrive.com/theological-educational-and-sociological-foundations-of-christian-education-e34527320.html.
Hutagalung, Stimson. “FIRMAN TUHAN: PELITA DAN PEDANG BERMATA DUA.” Jurnal Koinonia 6, no. 2 (October 1, 2014): 1–14. Accessed August 26, 2021. https://jurnal.unai.edu/index.php/koinonia/article/view/176.
Hutagalung, Stimson, and Rolyana Ferinia. “Menjelajahi Spiritualitas Milenial: Apakah Membaca Alkitab, Berdoa, Dan Menghormati Acara Di Gereja Menurun?” JURNAL TERUNA BHAKTI 2, no. 2 (February 14, 2020): 97–111. Accessed August 26, 2021. http://stakterunabhakti.ac.id/e-journal/index.php/teruna/article/view/50.
Junim, Alfred Joshia, and Rudolf W. Sagala. “PERSEPSI ANGGOTA GEREJA MASEHI ADVENT HARI KETUJUH JEMAAT MANGKUPA KOTA MARUDU, SABAH, MALAYSIA TENTANG IMPLIKASI PERSEMBAHAN KORBAN PAGI DAN PETANG DALAM IBADAH KELUARGA BAGI KEHIDUPAN KRISTEN BERDASARKAN KELUARAN 29:41-42.” Jurnal Koinonia 12, no. 1 (June 30, 2020): 71–95. Accessed August 26, 2021. https://jurnal.unai.edu/index.php/koinonia/article/view/2363.
juwita, rika. “Mengembangkan Sikap Tanggung Jawab Melaksanakan Tugas Sekolah Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 5-6 Tahun.” utile: Jurnal Kependidikan 5, no. 2 (2019): 144–152. Accessed September 8, 2021. https://jurnal.ummi.ac.id/index.php/JUT/article/view/503.
Marthen Mau, Saenom, Ferdiana Fransiska. “Peranan Membaca Alkitab Terhadap Kecerdasan Spiritual Anak Kristen.” CARAKA: Jurnal Teologi Biblika dan Praktika (2021). Accessed August 26, 2021. https://webcache.googleusercontent.com/search?q=cache:XzoSdW1EjXgJ:https://ojs.sttibc.ac.id/index.php/ibc/article/download/46/34+&cd=15&hl=id&ct=clnk&gl=id.
Nadeak, Erni Hanna. “Karakteristik Pendidikan Yang Menebus Di Suatu Sekolah Kristen [The Characteristics of Redemptive Education In a Christian School] | Nadeak | Polyglot: Jurnal Ilmiah.” Universitas Pelita Harapan (2017): 87–98. Accessed August 26, 2021. https://ojs.uph.edu/index.php/PJI/article/view/439/0.
Nadeak, Erni Hanna, and Dylmoon Hidayat. “Karakteristik Pendidikan Yang Menebus Di Suatu Sekolah Kristen [The Characteristics of Redemptive Education In a Christian School].” Polyglot: Jurnal Ilmiah 13, no. 2 (August 2, 2017): 87–98. Accessed August 26, 2021. https://ojs.uph.edu/index.php/PJI/article/view/439.
Omeri, Nopan. “PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER DALAM DUNIA PENDIDIKAN.” MANAJER PENDIDIKAN 9, no. 3 (July 1, 2015). Accessed September 7, 2021. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/manajerpendidikan/article/view/1145.
Pranowo, Dwiyanto Joko. “IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER KEPEDULIAN DAN KERJA SAMA PADA MATA KULIAH KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA PRANCIS DENGAN METODE BERMAIN PERAN.” Jurnal Pendidikan Karakter 2, no. 2 (June 20, 2013). Accessed September 7, 2021. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/1442.
Rahmat, Nur, Sepriadi Sepriadi, and Rasmi Daliana. “PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA MELALUI GURU KELAS DI SD NEGERI 3 REJOSARI KABUPATEN OKU TIMUR.” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan) 2, no. 2 (December 27, 2017): 229–243. Accessed September 7, 2021. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/JMKSP/article/view/1471.
Rita, Syarifah, . Fadillah, and . Halida. “KEBIASAAN PERILAKU SOPAN SANTUN PADA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN DI TK.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa 3, no. 7 (July 7, 2014). Accessed September 8, 2021. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5663.
Rohendi, Edi. “Pendidikan Karakter Di Sekolah.” EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru 3, no. 1 (August 1, 2011). Accessed September 7, 2021. https://ejournal.upi.edu/index.php/eduhumaniora/article/view/2795.
Salsabila, Jihan, and Nurmaniah Tarigan. “Studi Tentang Sikap Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Fajar Cemerlang Sei Mencirim.” Jurnal Golden Age 5, no. 01 (June 30, 2021): 111–118. Accessed September 8, 2021. http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/3334.
Samrin, Samrin. “PENDIDIKAN KARAKTER (SEBUAH PENDEKATAN NILAI).” Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan 9, no. 1 (January 1, 2016): 120–143. Accessed September 7, 2021. https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/al-tadib/article/view/505.
Simamora, Nenny Natalina. “Hakikat Dan Tujuan Sekolah Kristen.” TE DEUM (Jurnal Teologi dan Pengembangan Pelayanan) 4, no. 1 (April 15, 2021): 1–23. Accessed August 26, 2021. https://ojs.sttsappi.ac.id/index.php/tedeum/article/view/74.
SP, Jenny Indrastoeti. “PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI IMPLEMENTASIPENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR.” Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan 0, no. 0 (August 6, 2016). Accessed September 7, 2021. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/view/8944.
Taufik. “PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH: PEMAHAMAN, METODE PENERAPAN, DAN PERANAN TIGA ELEMEN.” Jurnal Ilmu Pendidikan 20, no. 1 (2014). Accessed September 7, 2021. http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/4378.
Weinata Sairin. Identitas Dan Ciri Khas Pendidikan Kristen Di Indonesia Antara Konseptual Dan Operasional. BPK Gunung Mulia, 2006.
Widiawati, Erni, Erwin Susanto, and Aris Riswandi Sanusi. “Pengembangan Karakter Disiplin Siswa Melalui Kegiatan Esktrakurikuler Di SMK Texar Klari.” Jurnal Moral Kemasyarakatan 5, no. 2 (December 31, 2020): 60–67. Accessed September 7, 2021. https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JMK/article/view/4662.
“Arti Kata Disiplin - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online.” Accessed September 8, 2021. https://kbbi.web.id/disiplin.
DOI: https://doi.org/10.53687/sjtpk.v3i1.65
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
SESAWI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.