KARAKTERISTIK KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN MENURUT 2 TIMOTIUS 2:1-13

Renny Tade Bengu

Abstract


Kepribadian guru merupakan fakor terpenting bagi keberhasilan belajar siswa-siswi. ataukah akan menjadi perusak atau penghancur bagi masa depan siswa-siswi terutama bagi siswa-siswi yang masih kecil (tingkat dasar) dan mereka yang sedang mengalami kegoncangan jiwa (tingkat menengah. Penelitian ini menggunakan kajian literatur teks Alkitab dalam 2 Timotius 2:1-13 yang memuat tentang prinsip memuridkan dari Paulus kepada Timotius. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif, dengan menerapkan metode deskriptif analisis pada teks 2 Timotius 2:1-13, sehingga didapati beberapa karakteristik tentang kepribadian guru Pendidikan agama Kristen. Hasil yang ditemukan adalah kepribadian guru Pendidikan agama Kristen  adalah merupakan kepribadian  guru yang rela berkorban, taat, dan tekun.


Full Text:

PDF

References


Agus Santoso. Tata Bahasa Yunani Koine. 1st ed. Bandung: Bina Media Informasi, 2011.

B. F. Drewes. Kunci Bahasa Yunani Perjanjian Baru. 1st ed. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2006.

B.S. Sijabat. Menjadi Guru Profesional. 1st ed. Bandung: Yayasan Kalam Hidup, 1994.

———. Menjadi Pendidik Profesional. 1st ed. Bandung: Kalam Hidup, 2000.

Dianne Bergant. Tafsir Alkitab Perjanjian Baru. 1st ed. Yogyakarta: Kanisius, 2002.

Drane, John. Memahami Perjanjian Baru: Pengantar Historis Teologis. 1st ed. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2005.

E. G. Homrghausen dan I. H. Enklaar. “Pendidikan Agama Kristen” (1987): 7–9.

Frans Paillin Rumbi. “Meneropong Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Kristen Sebagai Model Perilaku Peserta Didik.” Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen) 1, no. 2 (2019): 53–64.

Hamalik Oemar. Proses Belajar Mengajar. 1st ed. Jakarta: Bumi Aksara, 2004.

Hardaniwati. Kamus Pelajar. 1st ed. (Jakarta: Pusat Bahasa Depdiknas, 2003.

Howard A. Barnes. An Introduction to Rheologi. 1st ed. New York: Elsevier, 2005.

Imam Wahyudi. Mengejar Profesional Guru. 1st ed. Jakarta: Prestasi Pustakaraya, 2012.

Iskandar Agung. Menghasilkan Guru Kompeten Dan Profesional. 1st ed. Jakarta: Bee Media, 2012.

J.W Wenham. Bahasa Yunani Koine. 1st ed. Malang: SAAT, 1977.

———. Bahasa Yunani Koine. 1st ed. Malang: SAAT, 1977.

Kussuma, Wardana, and Leksias Henuk. “Pengembangan Pribadi Guru PAK Dan Siswa Sekolah Dasar Nekbaun.” Harati: Jurnal Pendidikan Kristen 1, no. 2 (2021): 188–200.

M.E. Duyverman. Pembimbing Ke Dalam Perjanjian Baru. 1st ed. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2008.

Muhabbin Syah. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. 1st ed. Bandung: remaja rosdakarya, 2013.

Peter Wongso. Theologia Penggembalaan. 1st ed. Malang: Literatur Sekolah Alkitab Asia Tenggara, 2011.

Richard Wurmbrand. Tortured For Chirst:Berkorban Demi Kristus. 1st ed. Surabaya: Kasih Dalah Perbuatan, 2005.

Tefbana, Abraham, and A. Dan Kia. “Peningkatan Kinerja Guru Pendidikan Agama Kristen Di Era Disrupsi Dan Pandemi.” Jurnal Luxnos 6, no. 2 (2020): 254–270.

Willi Marxent. Pengantar Perjanjian Baru: Pendekatan Terhadap Masalah-Masalahnya. 1st ed. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1994.

Wokas, Iva Trifena Mayrina. “Sikap Hidup Hamba Tuhan Berdasarkan 2 Timotius 2:1-13.” CARAKA: Jurnal Teologi Biblika dan Praktika 2, no. 1 (2021): 16–30.




DOI: https://doi.org/10.53687/sjtpk.v3i2.73

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
SESAWI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial Address: