IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN BAGI ANAK MENGGUNAKAN METODE BERCERITA BERDASARKAN ULANGAN 6:7

Juita Lusiana Sinambela, Janes Sinaga, Stepanus Pelawi, Max Lucky Tineti

Abstract


Tujuan penelitian ini diharapkan agar orang tua dalam kehidupan rumah tangganya dapat memberikan Pendidikan Kristen kepada anak-anaknya, karena kewajiban memberikan Pendidikan rohani kepada anak-anak adalah menjadi tanggungjawab utama sebagai orang tua dalam kehidupan rumah tangga. Pendidikan Agama Kristen dapat dilakukan dengan menggunakan metode yang sederhana yaitu bercerita. Mendengarkan cerita adalah sesuatu yang sangat digemari anak-anak, apabila hal tersebut dilakukan orang tua diwaktu anak-anak sedang bersantai maupun sebelum tidur, hal ini sesuai dengan nasihat Firman Tuhan dalam Ulangan 6:7 mengajarkan anak-anak berulang-ulang pada setiap kesempatan. Cara terbaik menyampaikan pesan moral dan pembinaan kerohanian terhadap anak adalah dengan bercerita, dikarenakan pada umumnya anak lebih mudah mengingat sebuah pesan melalui cerita daripada metode lain. Bahan cerita Kristiani yang dapat digunakan oleh orang tua adalah adalah Alkitab, Alkitab berisi cerita kisah orang-orang beriman yang dapat menjadi panutan iman bagi anak-anak Kristen. Metode penelitian ini dengan metode kualitatif dengan mengumpulkan data-data dari daftar Pustaka berupa Alkitab, buku-buku dan jurnal. Penelitian ini diharapkan membuat orang tua dapat mengimplementasikan Pendidikan


Agama Kristen Bagi anak-anak dengan metode bercerita, sehingga lebih mudah diingat dan dimengerti setiap anak.


Full Text:

PDF

References


Arinoviani, Kadek Dwi, Ketut Pudjawan, Putu Aditya Antara, Jurusan Pendidikan, Pendidikan Anak, Usia Dini, and Jurusan Teknologi Pendidikan. “PENERAPAN METODE BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS ANAK KELOMPOK A1 DALAM KEGIATAN EKSTRAKULIKULER.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha 4, no. 2 (July 21, 2016). Accessed December 22, 2021. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/7751.

Daleno, Alfrets. “PEMAHAMAN METODE MENGAJAR CERITA ALKITAB DENGAN NYANYIAN TERHADAP KEBERHASILAN GURU SEKOLAH MINGGU GMIM DI KOTA MANADO | Daleno | APOLONIUS : Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen.” APOLONIUS : Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 1, no. 2 (2020): 62–73. Accessed April 13, 2022. https://jurnal.stakam.ac.id/index.php/apolonius/article/view/18.

Ellen G. White. Membina Anak Yang Bertanggung Jawab. Bandung: Percetakan Advent Indonesia, 2015.

Ellen G.White. Amanat Kepada Orang Muda. Bandung: Indonesia Publishing House, 2013.

———. Membina Pendidikan Sejati. Bandung: Indonesia Publishing House, 2005.

Feriyanto. “Implementasi Cerita Alkitab Terhadap Perkembangan Iman Anak Sekolah Minggu Gereja Toraja Menurut Teori James W. Fowler Di Jemaat Karassik.” Cura Animarum 1, no. 1 (2019): 7–18. https://stakntoraja.e-journal.id/curaanimarum/article/view/26/8.

Ilmiah Potensia ; Nurjanah, Jurnal, and A P Anggraini. “Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun.” Jurnal Ilmiah Potensia 5, no. 1 (February 2, 2020): 1–7. Accessed December 22, 2021. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/9846.

Krobo, Andrianus. “MENINGKATKAN PEMAHAMAN NILAI AGAMA KRISTEN MELALUI CERITA ALKITAB DENGAN MEDIA GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B 2 DI PAUD PENGHARAPAN KOTA JAYAPURA.” PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4, no. 1 (December 15, 2021): 1–17. Accessed December 22, 2021. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/pernik/article/view/6793.

Kurniawan, Raden Deddy, Stimson Hutagalung, and Rolyana Ferinia. “Peran Gereja Dalam Mendidik Anak-Anak Terlibat Dalam Pelayanan Semenjak Dini.” JURNAL KADESI 4, no. 1 (December 6, 2021): 123–138. Accessed April 14, 2022. https://ejournal.sttkb.ac.id/index.php/kadesibogor/article/view/23.

Nainggolan, Sarwedy, Stimson Hutagalung, and Rolyana Ferinia. “Peran Orang Tua Untuk Meningkatkan Kualitas Ibadah Keluarga Berdasarkan Ulangan 6:7.” PEADA’: Jurnal Pendidikan Kristen 2, no. 2 (December 26, 2021): 102–121. Accessed April 13, 2022. https://peada.iakn-toraja.ac.id/index.php/ojsdatapeada/article/view/43.

Pelawi, Stepanuston, Stimson Hutagalung, and Rolyana Ferinia. “Pengaruh Gadget Dan Pertumbuhan Kerohanian Remaja Smp Advent Barusjulu Di Masa Pandemi Covid-19 Berdasarkan Ulangan 6:7.” JURNAL KADESI 4, no. 1 (December 6, 2021): 23–45. Accessed April 14, 2022. https://ejournal.sttkb.ac.id/index.php/kadesibogor/article/view/12.

Rohayati, Hj Etty. “METODE PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERCERITA YANG BERKARAKTER UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI.” Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3, no. 1 (March 8, 2012). Accessed December 22, 2021. https://ejournal.upi.edu/index.php/cakrawaladini/article/view/10320.

sinaga, janes, Juita Lusiana Sinambela, Stimson Hutagalung, and Rolyana Ferinia. “Peran Orangtua Dalam Mendidik Anak-Anak Melalui Pekerjaan Rumah Tangga.” JURNAL KADESI 4, no. 1 (December 6, 2021): 139–159. Accessed April 14, 2022. https://ejournal.sttkb.ac.id/index.php/kadesibogor/article/view/24.

“Arti Kata Cerita - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online.” Accessed April 13, 2022. https://kbbi.web.id/cerita.




DOI: https://doi.org/10.53687/sjtpk.v3i2.76

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
SESAWI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial Address: