URGENSITAS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAK TERHADAP EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA

Melyarmes H. Kuanine, Samadaya Harefa

Abstract


Artikel ini merupakan suatu kajian urgensitas pedagogik secara teoritis tentang kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Kristen sebagai pengajar dengan tugas utama membimbing, melatih, menilai dan mengevaluasi agar mewujudkan efektivitas belajar siswa. Untuk mencapai tujuan dari penulisan ini, maka penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan bahan kajian dari buku, jurnal teologi dan jurnal umum untuk penyempurnaan tulisan ini. Hasil penelitian menggambarkan kompetensi pedagogik guru PAK merupakan integrasi menyeluruh dari perjalanan profesionalisme guru. Sebab, guru bukan hanya menguasai mata pelajaran secara teoritis tetapi harus menguasai karakteristik siswa, supaya dapat mengetahui bagaimana kondisi atau situasi pengajaran di kelas. Pemahaman yang diperoleh guru akan memunculkan proses pembelajaran yang hidup, di dalamnya terjadi interaksi siswa dan guru secara berimbang. Menerapkan kompetensi pedagogik yang tepat akan tercipta efektivitas belajar siswa yang baik pula. Dari hal ini dipahami, bahwa urgensitas kompetensi pedagogik memiliki pengaruh penting dalam meningkatkan efektivitas belajar siswa, terlihat dari guru menguasai karakteristik siswa, menguasai teori dan prinsip pengajaran, mengembangkan kurikulum, pengembangan potensi dan menguasai tehnik komunikasi dengan siswa.

Full Text:

PDF

References


A Dan Kia, ‘Kajian Pedagogis Tentang Tanggung Jawab Guru PAK Secara Profesional Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik’, Jurnal Pendidikan Agama Kristen SHANAN, Vol. 3, No (2019), 82

A, Doni Koesoema, Pendidikan Karakter, Keempat (Jakarta: PT Gramedia, 2018)

Afifatu Rohmawati, Efektivitas Pembelajaran Dalam Jurnal Pendidikan Usia Dini (Jakarta: Universitas Negeri Jakarta, 2015)

Ahmad Muhli, Efektivitas Pembelajaran (jakarta: Wordpress, 2012)

Anurrahman, Belajar Dan Pembelajaran (Bandung: Alfabeta, 2016)

Arini Y. R Ruku, ‘Tanggung Jawab Guru Dalam Pencapaian Tujuan PAK Di Sekolah Menurut Matius 28:19-20’, Sesawi Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, Vol 3, No. (2021), 4

Bakri Anwar, ‘Kompetensi Pedagogik Sebagai Agen Pembelajaran’, Shaut Al-’Arabiyah, 6 (2018), 6

Cristie Fibriyona, Tri Supartini, Like Pangemanan, ‘Metode Pembelajaran Dengan Media Lagu Untuk Meningkatkan Minat Belajar Firman Tuhan’, Jaffray, Vol. 17, N (2019), 132

Daniel Nuhamara, Pembimbing PAK (Bandung: Jurnal Info Media, 2009)

Deni Mbeo & Melyarmes H. Kuanine, ‘Pengaruh Spiritualitas Terhadap Perilaku Belajar Siswa’, Sesawi Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, Vol. 1, No (2020), 98

Desi Sianipar, ‘Penggunaan Pendekatan SHARED CRISTIAN PRAXIS (SCP) Dalam Pendidikan Agama Kristen Di Gereja’, SHANAN, Vol. 3, No (2019), 119

Dilla Octavianingrum, ‘Pentingnya Kompetensi Pedagogik Dalam Kegiatan Magang Kependidikan Bagi Mahasiswa Calon Guru’, Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7 (4AD)

Dwi Novita Sari, ‘Upaya Preventif Guru Kristen Dalam Menghadapi Krisis Moral Anak’, Visio Dei, Vol. 1, No (2019), 85

Ester Lina Situmorang, Hendri Hutapea, Yoeli Zai, ‘Kompetensi Pedagogik Guru Pak Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar’, Real Didache, 3 (2018), 9

Hajeniati, Andi Kaharuddin & Nining, ‘Pembelajaran Inovatif & Variatif’ (Sulawesi Selatan: Pusaka Almaida, 2020), p. 20

Hamzah B. Uno, Perencanaan Pembelajaran, Kesepuluh (Jakarta: Bumi Aksara, 2014)

Harun Y. Natonis, ‘Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Perilaku Etis Mahasiswa STAKN Kupang’, SIKIP Jurnal Pendidikan Agama Kristen, Vol. 1, No (2020), 40

Hasugian & Netti Fournita, ‘Pengaruh Efektivitas Belajar Dan Pemanfaatan Media Internet Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Tri Sakti 2 Medan T.A 2019/2020.’, 2019, p. 8

Herminingsih, Hazami & Anik, ‘Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran’, Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, Vol. 3, No (2017), 366

Hutapea, Rinto Hasiholan, ‘Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Pada Kurikulum 2013’, JIREH-Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity, Vol. 1, No (2019), 23–25

———, ‘Kreativitas Mengajar Guru Pendidikan Agama Kristen Di Masa Covid-19’, Didache’ Journal of Christian Education, Vol. 1, No (2020), 3

Ilyas, Muhammad, ‘Kompetensi Pedagogik Guru Matematika SMK Negeri Se-Kota Palopo Berdasarkan Pengalaman Mengajar’, Dinamika, 4 (2013), 7

Indra Zultiar & Leonita Siwiyanti, ‘Profil Kompetensi Pedagogik Anak Usia Dini’, Utile, 2 (2016), 16

M. Gorky Sembiring, Menjadi Guru Sejati, 2009

Mafaza, ‘Keefektifan Model Pembelajaran Quantum Teaching Dan Course Review Horray Terhadap Hasi Belajar Siswa Pada Mater Laju Reaksi Di SMA N 5 Banda Aceh’, 2018

Mau, Marthen, ‘Panggilan Timotius Menurut 2 Timotius 2:2 Dan Implementasinya Bagi Kompetensi Guru Pandidikan Agama Kristen’, Cakara, 1 (2020), 10

Mohtar mas’oed, et.al (eds), ‘Kekerasan Kolektif: Kondisi Dan Pemicu.’ (Yogyakarta: pustaka populer, 2000), 4

Monalisa, Ghea, Strategi Pembelajaran PAI Pada PAUD, 2019

Muhammad Anwar, Menjadi Guru Profesional (Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP, 2018)

Munte, Bangun, ‘Pengaruh Efektifitas Pembelajaran Guru PAK Terhadap Peningkatan Nilai Afektif Siswa Kasus: SMP Negeri 1 Pematangsiantar’, Repository Universitas HKBP Nommensen, 10 (2017), 8

Musfah, Jejen, Peningkatan Kopetensi Guru: Melalui Pelatihan Dan Sumber Belajar Teori Dan Praktek (Jakarta: Kecana, Pramedia Group, 2011)

Nanang Priatna dan Tito Sukamto, ‘Pengembangan Profesi Guru’ (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013), pp. 37–38

Nara, Evelina Siregar & Hartini, Teori Belajar Dan Pembelajaran (Bogor: Ghalia Indonesia, 2015)

Nasip Tua Lumban Gaol & Andrianus Nababan, ‘Kepemimpinan Guru Pendidikan Agama Kristen’, Magister Manajemen Pendidikan, Vol. 6, No (2019), 89–90

Nur Irwantoro & Yusuf Suryana, ‘Kompetensi Pedagogik’, 2016, p. 26

Rantesalu, Syani Bombongan, ‘Kompetensi Pedagogik Menurut Analisis Ulangan 6:7-9 Dengan Pendekatan Hermeneutik Schleiermacher’, BIA, 1 (2018), 4–5

Ratnawati Susanto & Yuli Asmi Rozali, ‘Model Pengebangan Kompetensi Pedagogik’ (Depok: Rajawali Pers, 2020), pp. 44–45

Rifma, Optimalisasi Pembinaan Kompetensi Pedagogik Guru (Jakarta: Kecana, 2016)

Rika Damayanti Sitorus, ‘Analisi Faktor Menguasai Ilmu Mendidik Dalam Meningkat Efektivitas Pembelajaran PAK Oleh Guru Pada Siswa Kelas VIII SMP NEGERI 2 DOLOKSANGGUL KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018’, Areopagus, 16 (2018), 2

Shinta Kurnia Dewi, Efektivitas E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Mata Pelajaran Tik Kelas Xi Di Sma Negeri 1 Depok, 2011, p. 11

Simanjuntak, Ramses, ‘Pentingnya Penerapan Kurikulum Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Terciptanya Generasi Emas Indonesia Tahun 2045’, Teruna Bhakti, Vol. 1, No (2019), 90

Simon Runtung, Rini Bunga, ‘Kompetensi Pedagogik Yesus Berdasarkan Matius 5-7 Dan Implementasinya Dalam Pelayanan Sekolah Minggu’, Misioner, 1 (2021), 2

Sinlae, Ronald Yohanes, ‘Kompetensi Pedagogik Tuhan Yesus Dalam Injil Matius Pasal 5-7’, EXCELSIS DEO, 3 (2019), 2

Suhana, Cucu, Konsep Strategi Pembelajaran (Bandung: Refika Aditama, 2014)

Sumardi, Pengembangan Profesionalisme Guru Berbasis MGMP (Yogyakarta: Deepublish, 2016)

Supardi, Deassy Mai Andini & Endang, ‘Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran Dengan Variabel Control Latar Belakang Pendidikan Guru’, Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol.3, No. (2018), 2–3

Surachim, Ahim, Efektivitas Pembelajaran Pola Pendidikan Sistem Ganda (Bandung: Alfabeta, 2016)

Tutik Rachmawati & Daryanto, ‘Teori Belajar Dan Proses Pembelajaran Yang Mendidik’ (Yogyakarta: GAVA MEDIA, 2015), p. 197

Yusufhadi Miarso, Menyemai Benih Teknologi Pendidikan (Jakarta: Kecana, 2004)




DOI: https://doi.org/10.53687/sjtpk.v3i2.77

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
SESAWI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial Address: